logo


Novel Baswedan dan 74 Pegawai KPK Laporkan Anggota Dewas KPK

Novel menyebut Indriyanto belum mempelajari hasil tes TWK yang ditandatangani Firli.

17 Mei 2021 13:33 WIB

Novel Baswedan
Novel Baswedan Ist

"Kami melakukan perhatian dengan hal tersebut, kami dapati ada salah satu anggota Dewas yang bernama Profesor Indriyanto Seno Adji, beliau diduga melakukan pelanggaran kode etik yang serius. Kenapa demikian? Dewan pengawas sebagaimana yang kita tahu tentu fungsinya adalah salah satunya adalah melakukan pengawasan. Siapa yang diawasi? Pimpinan KPK dan pegawai KPK. Dan juga bertanggung jawab untuk menjadi hakim etik," katanya.

"Ketika Dewan Pengawas melakukan hal yang sifatnya operasional, contohnya ikut dalam konferensi pers, yang itu dilakukan Profesor Indriyanto Seno Adji bersama dengan Ketua KPK Pak Firli Bahuri, itu kami lihat sebagai permasalahan," sambungnya.

Novel menyebut Indriyanto belum mempelajari hasil tes TWK yang ditandatangani Firli.


Laode M Syarif Sebut Ada 2 Komisioner KPK Tidak Setuju dengan Keputusan Soal TWK

"Yang kedua, kita tahu bahwa Profesor Indriyanto Seno Adji belum mempelajari dengan detail permasalahan, belum mendengarkan laporan-laporan dari kami tentang masalah-masalah dugaan perbuatan melawan hukum atau perbuatan sewenang-wenang yang dilakukan Pimpinan KPK belum juga melakukan telaah atas dokumen. Juga terkait dengan data-data atau aturan lainnya, tiba-tiba memberikan pendapat ke publik seolah-olah tindakan atau SK yang ditandatangani oleh Pak Firli Bahuri seolah-olah benar, padahal itu dilakukannya dengan sepihak," ujarnya.

"Ketika hal itu terjadi, tentu itu sudah tampak sekali sikap yang melanggar nilai-nilai profesionalisme. Bagaimana bisa diharapkan berbuat adil, kalau belum-belum sudah berpihak. Padahal fungsinya adalah pengawas bukan pembela. Jadi saya tegaskan Profesor Indriyanto Seno Adji bukan pembelanya Firli Bahuri, jadi oleh karena itu Dewas mesti harus paham," tambahnya.

Eks Pimpinan KPK Ambil Sikap Atas Dinonaktifkannya 75 Pegawai

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata