logo


Sesalkan Pemaki Polisi Hanya Disuruh Minta Maaf, Denny Siregar: Citra Aparat akan Merosot

Denny menyarankan hukuman penjara dua hari bagi pelaku.

17 Mei 2021 06:30 WIB

Denny Siregar
Denny Siregar Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Pegiat media sosial Denny Siregar menyayangkan pemaki petugas di pos penyekatan Sukabumi hanya dikenai sanksi minta maaf lewat video. Dia khawatir citra aparat bakal terjun bebas karena sering dimaki.

“Seharusnya yang memaki-maki aparat yang sedang bertugas, jangan cuman disuruh minta maaf doang pake video. Mereka mungkin jera. Tapi citra aparat akan merosot dan membuat orang lain akan bebas memaki karena terbiasa melihat video aparat dimaki,” cuitnya lewat akun Twitter @DennySiregar7, dikutip Senin (17/5).

Denny menyarankan agar orang yang memaki polisi dihukum penjara beberapa hari. Saat menjalani hukuman itu, lanjut dia, sebaiknya pelanggar direkam.


Tengku Zul Meninggal karena Covid-19, Begini Reaksi Denny Siregar dan Ferdinand Hutahaean

“Penjarakan satu dua hari dan videokan,” saran Denny.

Seperti diketahui, Raminto dan Hesti yang memaki petugas di pos penyekatan Benda, Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat telah meminta maaf, pada Minggu (16/5). Aksi memaki petugas itu sempat viral di media sosial.

Kapolres Sukabumi AKBP M Lukman Syarif membeberkan, unsur melawan hukum yang dilakukan pria dan wanita asal Bekasi ini yaitu UU No 4 tahun 1984 tentang wabah penyakit menular, pasal 216 KUHP tentang tidak menuruti perintah yang dilakukan menurut UU. Ketiga, pasal 315 KUHP tentang penghinaan ringan.

Sementara itu, Briptu Febio Marcelino yang menjadi korban makian Raminto dan Hesti dikatakan telah memaafkan kejadian tersebut.

"Atas perbuatannya ibu Hesti dan bapak Raminto menyadari bahwa tindakan yang sudah dilakukan melanggar ketentuan hukum. Dengan itikad baiknya ibu Hesti meminta maaf kepada petugas kepolisian atasnama Briptu Febio dan kepolisian negara RI," jelas Lukman.

"Saya Kapolres Sukabumi memberikan apresiasi kepada anggota saya yang melaksanakan tugas dengan baik dan menyayangkan kejadian tersebut, disinilah kita diuji kesabaran sebagai anggota kepolisian dalam melaksanakan tugas, dan disinilah kita lihat kesadaran masyarakat dalam mematuhi anjuran pemerintah," lanjut dia.

Prediksi 1,5 Juta Pemudik ke Jabodetabek, Polri: Puncak Arus Balik Diprediksi Mulai Hari Ini

Halaman: 
Penulis : Iskandar