logo


Setop Penggunaan Vaksin Astrazeneca, Kemenkes: Bentuk Kehati-hatian, Masyarakat Tetap Tenang

Vaksin Astrazeneca selain batch CTMAV547 masih aman digunakan.

16 Mei 2021 15:52 WIB

vaksin Covid-19 AstraZeneca
vaksin Covid-19 AstraZeneca istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Juru bicara Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi mengatkan bahwa pemerintah menghentikan sementara distribusi dan penggunaan vaksin Astrazeneca batch CTMAV547. Ia pun menegaskan bahwa vaksin Astrazeneca selain batch tersebut masih aman digunakan.

Nadia mengatakan bahwa vaksin Astrazeneca batch CTMAV547 saat ini masih menunggu hasil investigasi dari BPOM. Ia pun meminta agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan informasi yang belum tentu kebenarannya.

"Ini adalah bentuk kehati-hatian pemerintah untuk memastikan keamanan vaksin ini. Kementerian Kesehatan menghimbau masyarakat untuk tenang dan tidak termakan oleh hoax yang beredar. Masyarakat diharapkan selalu mengakses informasi dari sumber terpercaya," kata dr Siti Nadia Tarmizi seperti dilansir detikcom, Minggu (16/5/2021).


LaNyalla Tegaskan Vaksin Nusantara Membantu Pemerintah Memutus Penyebaran Covid-19

Ia pun mengeaskan bahwa penggunaan vaksin Astrazeneca masih tetap dilanjutkan untuk menciptakan kekebalan tubuh."Penggunaan vaksin AstraZeneca tetap terus berjalan dikarenakan vaksinasi COVID-19 membawa manfaat lebih besar," ujarnya.

Diketahui, Vaksin Astrazeneca batch CTMAV547 merupakan bagian dari 3.852.000 dosis AstraZeneca yang diterima Indonesia pada 26 April 2021 melalui skema Covax Facility/WHO. Saat ini Vaksin Astrazeneca batch CTMAV547 berjumlah 448,480 dosis dan telah didistribusikan untuk TNI dan sebagian ke DKI Jakarta dan Sulawesi Utara.

Hasil Penjualan Vaksin Pfizer Diperkirakan Tembus US$ 26 Miliar Tahun Ini

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati
 
×
×