logo


Hari Ini Menlu Retno Hadiri Pertemuan OKI Setop Agresi Israel, MUI: Beliau Telah Berjuang Keras

MUI berharap Menlu Retno mendorong negara-negara OKI untuk menghentikan serangan Israel.

16 Mei 2021 14:16 WIB

Anwar Abbas
Anwar Abbas wikipedia

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri ( Menlu), Retno Marsudi dijadwalkan hadir dalam pertemuan darurat yang diselenggarakan oleh Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) atau Organisation of Islamic Cooperation (OIC) secara virtual pada hari ini, Minggu (16/5/2021). Pertemuan tersebut akan membahas terkait agresi milter yang dilakukan Israel terhadap Palestina.

Menanggapi pertemuan tersebut, Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas percaya Menlu Retno akan memperjuangkan nasib rakyat  Palestina. Ia mengatakan bahwa Menlu Retno sangat pahham terkait ideologi bangsa Indonesia yang ada dalam pembukaan UUD 1945 yang berbunyi, 'kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa. Oleh karena itu penjajahan di atas bumi harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan'.

"Saya sangat percaya dengan kemampuan dan semangat juang dari ibu Menlu. Saya tahu bagaimana beliau telah berjuang keras untuk membela rakyat yang tertindas, yang telah di injak-injak hak asasinya oleh rezim yang berkuasa, seperti yang dilakukan oleh tentara dan pemerintah Myanmar terhadap suku Rohingya. Dan sekarang beliau akan hadir dalam sidang OKI membahas masalah Palestina," kata Abbas kepada wartawan, Minggu (16/5/2021).


Bentrok dengan Otoritas Keamanan Israel, Jumlah Warga Palestina yang Jadi Korban Semakin Meningkat

Ia pun sangat berharap Menlu Retno mendorong negara-negara OKI untuk menghentikan serangan Israel. Ia menyebut penembakan Israel terhadap rakyat Palestina tidak sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan.

"Oleh karena itu, saya sangat berharap ibu Menlu agar dapat mendorong persatuan dan kesatuan di kalangan negara-negara OKI, sehingga OKI diharapkan akan bisa memaksa Israel menghentikan pencaplokan tanah-tanah dari rakyat Palestina dan menghentikan segala bentuk tindakan biadab yang dilakukannya," ucapnya.

 

Warga Turki Minta Erdogan Lindungi Warga Palestina dengan Kirim Pasukan ke Jerusalem Timur

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati
 
×
×