logo


Prediksi 1,5 Juta Pemudik ke Jabodetabek, Polri: Puncak Arus Balik Diprediksi Mulai Hari Ini

Polri dan Satgas Covid-19 telah menyiapkan 109 titik untuk melakukan pemeriksaan

15 Mei 2021 17:15 WIB

Ilustrasi kemacetan.
Ilustrasi kemacetan. dok. jitunews.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Puncak arus balik Idulfitri 2021 ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi diperkirakan akan terjadi pada hari ini dan Minggu (16/5).

"Puncak arus balik diprediksi mulai hari ini (Sabtu) sampai besok (Minggu) karena Senin masyarakat sudah mulai masuk kerja," kata Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (15/5).

Istiono memprediksi ada 1,5 juta pemudik yang akan kembali ke wilayah Jabodetabek.


Minta Masyarakat Tak Mudik, Menaker: Tunda Kebahagiaan Sesaat Agar Lebih Baik

"Ini yang perlu dikelola perjalanan balik ke Jabodetabeknya, oleh karenanya kita antisipasi mobilisasi kendaraan roda empat dan roda dua di jalur tol dan arteri," ucapnya.

Pihaknya dan Satgas Covid-19 telah menyiapkan 109 titik untuk melakukan pemeriksaan pengendara yang masuk wilayah Jabodetabek.

"Ada di 26 di Rest area dan gate tol dan 83 di titik jalur arteri jalan nasional, dari Jawa dan Sumatera menuju Jakarta dengan melaksanakan kegiatan rapid tes antigen secara random yang dilaksanakan mulai hari ini," katanya.

Istiono mengatakan bahwa jika hasil swab positif maka pemudik akan dirujuk ke RS terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

"Bila hasil random test menujukan positif langsung dirujuk RS terdekat yang sudah ditunjuk," pungkasnya.

Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 Saat Arus Balik, Pemerintah Siapkan 21 Lokasi Tes Swab

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata
 
×
×