logo


Untuk Antisipasi, 5 Alat Kesehatan Ini Wajib Ada di Rumah

Meski alatnya kecil dan sederhana, namun fungsinya sangat penting untuk sewaktu-waktu.

14 Mei 2021 15:21 WIB

Ilustrasi penggunaan Termometer
Ilustrasi penggunaan Termometer KlikDokter

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Memiliki alat kesehatan sendiri di rumah sering kali tak terpikirkan oleh kebanyakan orang. Padahal, ada alat tertentu yang wajib sedia karena akan dibutuhkan sewaktu-waktu.

Alat-alat kesehatan ini bisa digunakan untuk mengecek kondisi tubuh secara berkala hingga mencegah dari keadaan yang serius. Jangan bayangkan alat-alat ini berukuran besar seperti yang ada di rumah sakit.

Alat kesehatan yang ada di rumah bisa berukuran kecil dan sederhana, namun fungsinya sangat penting untuk sewaktu-waktu. Nah, berikut ini adalah alat-alat kesehatan yang wajib tersedia di rumah.


Ramai Beredar Air Kelapa Campur Jeruk Nipis Basmi Corona, Ini Faktanya

1. Termometer

Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu maupun perubahan suhu. Alat ini biasanya digunakan untuk mengukur suhu tubuh saat demam atau flu.

Demam dan termasuk sakit yang mudah sekali menyerang tubuh, terlebih saat musim hujan. Bila di rumah ada anak kecil, termometer wajib tersedia untuk mendeteksi suhu tubuh dan mencegah anak dari kejang.

2. Timbangan Berat Badan

Alat yang satu ini sering dibutuhkan oleh seseorang yang sedang menjalani program diet. Pun begitu, timbangan berat badan juga wajib ada di rumah untuk mengecek berat badan apakah masih normal atau berlebihan.

Dengan melihat nominal berat badan, kita bisa mengontrol asupan makanan untuk menjaga berat badan agar tidak obesitas. Kelebihan berat badan akan mendatangkan berbagai macam penyakit dengan mudah.

3. Tensimeter

Tensimeter berfungsi untuk mengukur tekanan darah. Alat ini penting ada di rumah apalagi ada anggota keluarga yang menderita hipertensi atau darah tinggi.

Alat ini dapat memonitor tekanan darah setiap waktu sehingga tak perlu repot mengecek ke klinik atau pusat kesehatan. Tensimeter membantu memantau tekanan darah dan mengetahui apakah obat yang diberikan dokter benar-benar bekerja.

4. Pulse Oximeter

Pulse Oximeter adalah alat untuk mengecek detak jantung dan kadar saturasi oksigen dalam darah. Alat ini sangat penting dimiliki oleh penderita asma, PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronik), stroke dan jantung.

Ada beberapa jenis pulse oximeter, tapi yang paling banyak digunakan adalah tipe kecil. Alat ini biasanya digunakan di ujung jari.

Alat ini akan menampilkan angka dalam persen yang menunjukkan kadar oksigen dalam darah. Normalnya, kadar oksigen dalam darah adalah 90-92%.

5. P3K

P3K atau Pertolongan Pertama pada Kecelakaan, biasanya berbentuk kotak berisi obat-obatan dan kebutuhan luka lainnya. Meski bukan berupa alat, keberadaan kotak kesehatan di rumah sangat penting.

Isi obat-obatan dalam P3K biasanya berupa parasetamol, obat batuk, betadine, obat tetes mata, cairan antiseptik, alkohol, obat luka dan masih banyak lagi. Obat-obatan ini sangat dibutuhkan dalam keseharian.

Ramai Beredar Minum Minyak Kayu Putih Tangkal Corona, Dokter Ini Ungkap Faktanya

Halaman: 
Penulis : Iskandar
 
×
×