logo


Soal Pemudik 4.123 Positif Covid-19, Satgas Beri Penjelasan

Ketua KPC-PEN, Airlangga Hartarto menyebut bahwa ada 4.123 pemudik yang terkonfirmasi positif Covid-19

14 Mei 2021 04:35 WIB

Jubir Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito
Jubir Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito pikiran rakyat

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto menyebut bahwa ada 4.123 pemudik yang terkonfirmasi positif Covid-19 dari tes acak.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, memberikan penjelasan.

"Jadi intinya begini, jadi bahwa screening yang dilakukan oleh Polri dari beberapa operasinya, termasuk juga dari bantuan Polri melakukan testing di PPKM Mikro itu digabung menjadi satu, kebetulan angkanya sekitar 4.000 tersebut. Itulah yang disampaikan Pak Menko dan itu tetap akan bertambah terus tentunya, pembaginya tentu juga akan berkembang," kata Wiku dalam jumpa pers virtual, Kamis (13/5).


Bantu Pemudik, Warga Cirebon Buat Petunjuk Arah untuk Hindari Pos Penyekatan

Wiku mengatakan bahwa apa yang disampaikan Airlangga adalah pengumpulan data. Ia meminta masyarakat memahami apa yang disampaikan Airlangga.

"Mohon jangan dilihat sebagai yang positif dan itu dilakukannya hanya di masa mudik saja, peniadaan mudik saja itu adalah yang benar, bukan begitu. Jadi ini adalah pengumpulan data," jelas Wiku.

Wiku mengatakan bahwa penyekatan di setiap titik untuk memastikan kesehatan para pemudik.

"Dan untuk detailnya mungkin dari perhubungan kalau sudah ada datanya mungkin bisa disampaikan berapa sih dari random testing tersebut yang akhirnya jadinya positif dari seluruhnya yang di-testing. Pada prinsipnya mungkin perhatian kita adalah memastikan bahwa penyekatan-penyekatan yang terjadi dan memastikan di setiap titik mereka tidak memaksakan untuk pergi kalau nggak sehat itu adalah maksud kami," ucap Wiku.

"Jangan sampai nanti semuanya yang sakit akhirnya dites juga positif. Jadi kita akan menggarami laut. Maka dari itu screening-nya yang kita lakukan sekarang itu berlapis sejak dari tempat keberangkatan," ucap Wiku.

IOC Optimis Olimpiade Tokyo Sukses Digelar Meski Ditentang Warga Jepang

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata
 
×
×