logo


Rusia Desak The Quartet Gelar Pertemuan Bahas Penyelesaian Konflik Palestina-Israel

Menteri Luar Negeri Rusia meminta empat pihak mediator internasional untuk menggelar pertemuan guna membahas upaya penyelesaian konflik Palestina-Israel

13 Mei 2021 12:15 WIB

Sergey Lavrov
Sergey Lavrov Tass

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada Rabu (12/5) mengatakan bahwa empat pihak mediator internasional yang juga dikenal dengan sebutan The Quartet, harus segera menggelar pertemuan untuk membahas mengenai upaya penyelesaian konflik Palestina-Israel yang intensitasnya kini tengah meningkat.

Israel mengatakan bahwa mereka sudah berhasil menewaskan 16 anggota Hamas di Gaza pada Rabu (12/5). Sementara menurut kementerian kesehatan Israel, sedikitnya 56 warga Gaza tewas sejak pertempuran Israel-Hamas meningkat pada Senin awal pekan ini, sedangkan petugas medis melaporkan ada enam warga yang tewas di Israel.

"Saya pikir kami sudah mencapai konklusi bersama yang mana tugas paling mendesak kami adalah untuk menyerukan sebuah pertemuan dengan kuartet mediator internasional: Rusia, Amerika Serikat, PBB dan Uni Eropa," kata Lavrov, dikutip Reuters.


IOC Optimis Olimpiade Tokyo Sukses Digelar Meski Ditentang Warga Jepang

Kelompok tersebut diketahui sudah dibentuk pada 2002 silam di Madrid. Sekjen PBB Antonio Guterres mengatakan bahwa PBB sepenuhnya berkomitmen untuk merevitalisasi upaya empat pihak mediator konflik Israel-Palestina (kuartet) tersebut. Ia juga mendesak semua pihak yang bertikai untuk menghentikan tindak kekerasan mereka yang menewaskan warga sipil.

"Dan kami mempercayai Sekertaris Jenderal (PBB) sebagai koordinator the Quartet," imbuh Lavrov.

Ia juga menambahkan bahwa pertemuan tersebut harus dihadiri oleh menteri luar negeri atau top diplomat masing-masing anggota quartet.

PM Italia Minta AS dan Inggris Cabut Pemblokiran Ekspor Vaksin Covid-19

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×