logo


IOC Optimis Olimpiade Tokyo Sukses Digelar Meski Ditentang Warga Jepang

Juru bicara IOC mengatakan bahwa pihaknya yakin jika ajang Olimpiade Tokyo akan mengalami kesuksesan meski saat ini mayoritas warga Jepang menolaknya.

13 Mei 2021 11:15 WIB

Olimpiade
Olimpiade istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Komisi Olimpiade Internasional (IOC) mengatakan bahwa mereka mendukung keputusan pemerintah Jepang memberlakukan status darurat nasional untuk melawan penyebaran wabah Covid-19. Mereka juga optimis jika Olimpiade Tokyo akan tetap sukses digelar sesuai dengan jadwal meski mendapat pertentangan dari masyoritas masyarakat.

"Kami saat ini...sepenuhnya berkonsentrasi pada penyelenggaraan (Olimpic) Games," kata juru bicara IOC Mark Adams dalam sebuah konferensi yang digelar secara online, dikutip Reuters.

"Saat Games (Olimpiade) digelar dan masyarakat Jepang bangga menjadi tuan rumah sebuah ajang yang akan dikenang sepanjang sejarah, saya pikir saya sangat yakin kita akan melihat opini masyarakat yang mendukung (penyelenggaraan) Games (Olimpiade)," tambahnya.


Uni Eropa Desak Negara Anggota Blokir Perjalanan Non-Esensial dari India

Kurang dari tiga bulan sebelum Olimpiade Tokyo digelar pada 23 Juli mendatang, kasus Covid-19 di Jepang saat ini tengah mengalami peningkatan, yang memaksa pemerintah memberlakukan status darurat nasional hingga akhir Mei mendatang. Kebijakan tersebut membuat Presiden IOC Thomas Bach menunda kunjungannya ke Jepang.

Sementara itu, sejumlah survei yang dilakukan oleh media Jepang, seperti Yomiuri Shimbun dan TBS News, mengungkap bahwa 60 persen warga Jepang menghendaki agar penyelenggaraan Olimpiade Tokyo untuk dibatalkan.

"Terkait situasi Jepang dan Tokyo, kami memahami peringatan yang ada...masyarakat (Jepang) sangat waspada. Kami harus sepenuhnya mempercayakan hal itu kepada otoritas Jepang," tukasnya.

Konflik Israel Meningkat, Maskapai AS Tunda Penerbangan Tujuan Tel Aviv

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×