logo


Uni Eropa Desak Negara Anggota Blokir Perjalanan Non-Esensial dari India

Permintaan tersebut dikeluarkan guna mencegah penyebaran varian mutasi Covid-19 India, B.1.617, ke wilayah Eropa

13 Mei 2021 10:00 WIB

Bendera Uni Eropa
Bendera Uni Eropa istimewa

BRUSSELS, JITUNEWS.COM - Uni Eropa pada Rabu (12/5) meminta negara anggota untuk sementara waktu memblokir semua penerbangan non-esensial dari India guna mencegah penyebaran varian baru virus Covid-19.

Permintaan tersebut dikeluarkan usai Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada Senin awal pekan ini menyatakan bahwa varian baru Covid-19 asal India, B.1.617, sebagai varian "mengkhawatirkan" yang diyakini dapat lebih mudah ditularkan dan dapat menyebabkan gejala infeksi yang lebih parah.

"Sangat penting untuk meminimalisir secara ketat kategori pelancong yang dapat melakukan perjalanan dari India (ke Eropa) untuk alasan esensial dan mereka yang masih dapat diperbolehkan melakukan perjalanan dari India tersebut wajib melakukan pemeriksaan kesehatan dan menjalani karantina," demikian pernyataan Uni Eropa, dilansir dari Reuters.


100 Ribu Personil Militer Rusia Masih Berada di Perbatasan Ukraina

Meski demikian, Uni Eropa juga mengatakan bahwa kebijakan pembatasan perjalanan dari India tersebut tidak diberlakukan bagi warga negara anggota Uni Eropa atau mereka yang memiliki ijin tinggal permanen di Eropa.

Sementara itu, jumlah kasus kematian akibat infeksi Covid-19 India sejauh ini sudah menembus 250 ribu kasus pada Rabu (12/5), dimana para pakar kesehatan di seluruh dunia juga sudah khawatir jika varian baru Covid-19 yang muncul di negara tersebut kemungkinan lebih mudah ditularkan, seperti halnya sejumlah varian mutasi Covid-19 lain yang muncul di Inggris, Afrika Selatan, dan Brazil.

Hamas Kembali Luncurkan Serangan Roket ke Wilayah Israel

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×