logo


100 Ribu Personil Militer Rusia Masih Berada di Perbatasan Ukraina

Kepala Pasukan Keamanan Ukraina mengatakan bahwa sekitar personil tentara Rusia masih berada di dekat perbatasan meski pada bulan lalu Moskow sudah memutuskan untuk menarik mundur pasukannya.

13 Mei 2021 08:30 WIB

Pasukan Rusia
Pasukan Rusia istimewa

KIEV, JITUNEWS.COM - Kepala Pasukan Keamanan Ukraina Ivan Bakanov, pada Selasa (11/5) mengatakan bahwa sekitar 100 ribu personil tentara Rusia saat ini masih berada di dekat perbatasan Ukraina, tepatnya di wilayah Crimea, meski pemerintah Rusia pada akhir April lalu sudah menyatakan akan menarik pasukannya dari wilayah tersebut untuk menurunkan situasi ketegangan.

"Pasukan Rusia masih berada di dekat (perbatasan) timur Ukraina dan di Crimea meski (mereka) sudah mengeluarkan perintah penarikan mundur," kata Ivan Bakanov, dikutip Al Jazeera.

Sehari sebelumnya, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy juga menuding Rusia tidak menarik mundur semua pasukan dan persenjataannya dari wilayah perbatasan usai situasi konflik di perbatasan kedua negara mengalami peningkatan.


Jet Sukhoi Rusia Hadang Pesawat Tempur NATO di Laut Hitam

Meningkatnya aktivitas militer Rusia di perbatasan tak lepas dari meningkatnya pertempuran yang terjadi di Donetsk dan Luhansk, dimana pasukan pemerintah Ukraina terlibat konflik dengan kelompok separatis pro-Moskow.

Sebagai bagian dari manuver yang dilakukan oleh Moskow, beberapa unit militer Rusia juga meningkatkan aktivitas mereka di kawasan lau Hitam di wilayah Crimea yang sudah berhasil mereka rebut dari Ukraina pada 2014 lalu.

Meski Rusia sejauh ini tidak menyebut berapa pasukan militer yang telah diterjunkan di sejumlah titik perbatasan tersebut, namun diplomat top Uni Eropa, Joseph Borrell, menyatakan bahwa ia memperkirakan jumlah tentara Rusia di Crimea pada April lalu sudah mencapai lebih dari 100 ribu personil.

Sementara itu, NATO dan Amerika Serikat menyebut jika jumlah pasukan militer Rusia di Crimea saat ini jauh lebih banyak dari yang dibawa oleh Rusia saat mencaplok wilayah Crimea.

WHO Sebut Varian Covid-19 India Sudah Menyebar ke Puluhan Negara

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×