logo


WHO Sebut Varian Covid-19 India Sudah Menyebar ke Puluhan Negara

Dalam pernyataannya, WHO mengatakan jika varian virus Covid-19 India, B.1.617, ditemukan di lebih dari 4.500 sampel yang mereka kumpulkan dari 44 negara di seluruh dunia.

13 Mei 2021 07:45 WIB

Kantor pusat WHO di Jenewa, Swiss
Kantor pusat WHO di Jenewa, Swiss istimewa

JENEWA, JITUNEWS.COM - Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa varian baru covid-19 asal India, B.1.617, yang sudah menyebabkan terjadinya peningkatan kasus infeksi yang tidak terkendali di India juga telah menyebar ke belasan negara di seluruh dunia.

WHO, pada Rabu (12/5) mengatakan bahwa varian B.1.617 yang terdeteksi pertama kali di India pada Oktober tahun lalu juga ditemukan di lebih dari 4.500 sampel yang dikumpulkan dari 44 negara di enam kawasan WHO.

"WHO sudah menerima laporan mengenai terdeteksinya (varian Covid-19 India) dari lima negara lain," demikian pernyataan WHO dikutip Al Jazeera.


Rusia Mengutuk Tindak Kekerasan terhadap Warga Sipil di Palestina dan Israel

Sebelumnya, WHO sudah menyatakan varian B.1.617 adalah varian mutasi virus Covid-19 yang mengkhawatirkan, selain tiga varian Covid-19 lain, yakni yang muncul di Afrika Selatan, Inggris, dan Brazil.

Varian mutasi Covid-19 tersebut diyakini lebih berbahaya daripada versi pertama virus Covid-19 karena selain lebih mudah ditularkan, varian mutasi tersebut juga dinilai lebih berbahaya atau dapat menimbulkan gejala parah terhadap seseorang yang sudah menerima suntikan vaksin.

WHO juga menyebut jika tsunami Covid-19 di India muncul karena beberapa faktor, diantaranya acara keagamaan dan kampanye politik yang memicu kerumunan warga tanpa menerapkan aturan protokol kesehatan dan kebijakan social distancing.

"WHO menemukan ada beberapa faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan dan percepatan penularan infeksi Covid-19 di India, termasuk meningkatnya proporsi kasus infeksi yang disebabkan oleh varian virus Sars-Cov-2," kata WHO.

Selain itu, WHO juga menyebut beberapa varian mutasi Covid-19 lain juga sudah menyebar di India, termasuk varian Covid-19 Inggris, B.1.1.7.

Jet Sukhoi Rusia Hadang Pesawat Tempur NATO di Laut Hitam

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×