logo


Rusia Mengutuk Tindak Kekerasan terhadap Warga Sipil di Palestina dan Israel

Pemerintah Rusia mengatakan bahwa pihaknya akan bekerja sama dengan sejumlah pihak untuk menurunkan tensi di Jerusalem Timur

13 Mei 2021 06:00 WIB

Warga Palestina bentrok dengan petugas keamanan Israel di Tepi Barat menyusul tindakan otoritas Israel menggusur pemukiman warga Palestina di Jerusalem Timur
Warga Palestina bentrok dengan petugas keamanan Israel di Tepi Barat menyusul tindakan otoritas Israel menggusur pemukiman warga Palestina di Jerusalem Timur The Times of Israel

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Rusia mengutuk tindak kekerasan terhadap warga sipil di Israel dan Palestina, serta langkah-langkah yang dapat membuat kemungkinan dimulainya proses negosiasi perdamaian di Timur Tengah menjadi semakin rumit. Hal tersebut disampaikan oleh Deputi Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Vershinin dalam sebuah wawancara dengan media Rusia, Sputniknews.

"Kami dengan tegas mengecam semua manifestasi kekerasan terhadap warga sipil, baik di Israel maupun di Palestina, dan juga semua tindakan yang dapat memperumit kemungkinan dimulainya kembali proses negosiasi sesuai dengan hukum internasional," ujarnya.

Vershinin mengatakan bahwa pemerintah Rusia saat ini sudah menjalin kontak dengan sejumlah pihak untuk mengupayakan penurunan tensi di Jerusalem Timur dan bersiap untuk mengeluarkan pernyataan bersama dengan sejumlah negara anggota Dewan Keamanan PBB.


Hamas Siap Hadapi Eskalasi Serangan Israel

"Dengan berkoordinasi dengan China yang memimpin Dewan Keamanan PBB, bersama dengan sejumlah delegasi negara anggota lainnya, kami akan terus mengupayakan pendekatan posisi terkait situasi saat ini. Dalam istilah konkrit, kami berpartisipasi dalam persetujuan terhadap pernyataan yang telah disepakati (untuk disampaikan) kepada media," imbuhnya.

Ia juga menambahkan bahwa isu terkait bentrokan antara Palestina dengan Israel juga sudah dibahas oleh pemerintah Rusia dalam pembicaraan yang dilakukan melalui sambungan telepon dengan pemerintah Turki.

 

Sejumlah Komandan Hamas Tewas Diserang Roket Israel, Netanyahu: Ini Hanyalah Permulaan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×