logo


Bantu Pemudik, Warga Cirebon Buat Petunjuk Arah untuk Hindari Pos Penyekatan

Warga juga menyediakan kopi dan bensin secara gratis bagi pemudik.

12 Mei 2021 17:23 WIB

Warga Cirebon beri petunjuk arah kepada pemudik
Warga Cirebon beri petunjuk arah kepada pemudik Facebook

CIREBON, JITUNEWS.COM – Aturan larangan mudik lebaran resmi diberlakukan pada 6-17 Mei 2021. Pemerintah mengambil langkah tersebut demi menekan kasus penularan Covid-19.

Penerapan kebijakan larangan mudik dibarengi dengan langkah kepolisian melakukan penyekatan untuk menghalau pergerakan pemudik di berbagai daerah.

Namun, penyekatan itu seakan tak menyurutkan semangat pemudik untuk pulang ke kampung halaman. Penyekatan mudik justru memunculkan aksi solidaritas, seperti yang terjadi di Cirebon, Jawa Barat.


Menko PMK Apresiasi Kecermatan Petugas Penyekatan Mudik di Gerbang Tol Cikupa

Sebagaimana dituturkan akun Facebook Gopar Vespa, warga Cirebon berinisiatif memberi petunjuk kepada pemudik jalur Pantura supaya lolos dari penyekatan. Tak hanya itu, warga juga menyediakan kopi dan bensin secara gratis bagi pemudik.

“Salut kepada warga cirebon (jalur mudik),” tulisnya di Grup Info Cegatan Solo dan Sekitarnya, dikutip Rabu (12/5).

“Warga cirebon sediakan kopi gratis. Warga membuat petunjuk arah sederhana menuju jalur pantura tanpa melewati pos penyekatan, di jalur tikus ada petunjuk arah untuk memudahkan pemudik menuju jalur Pantura kembali. Ada juga yang bagikan bensin gratis kepada pemudik,” lanjutnya.

Unggahan itu lantas meluas begitu cepat. Adapun tanggapan pro-kontra yang membanjiri postingan tersebut.

“Kasian tim medis yang juga ingin pulang bertemu keluarganya... Akan sangat bijaksana kalau kita melihat suatu masalah dari berbagai sisi,” kata Benjamin Angga.

“Terimakasih Cirebon setidaknya kalian membantu manusia yang rindu akan orang tua. Kalian patut menyandang gelar pahlawan mudik,” tutur Tyan Hermawan.

WNA Masuk RI di Tengah Larangan Mudik, Ini Kata Ketua DPR

Halaman: 
Penulis : Iskandar
 
×
×