logo


Peran Positif Mulsa Dalam Budidaya Tomat

Mulsa dapat meningkatkan kualitas tomat, sedangkan jerami meningkatkan produksi tomat

5 Mei 2015 09:41 WIB

Penggunaan mulsa sangat berpengaruh terhadap produksi dan kualitas tomat (Ist)
Penggunaan mulsa sangat berpengaruh terhadap produksi dan kualitas tomat (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Produksi tomat di Indonesia rata-rata 5-6,3 ton/ha. Angka ini jauh di bawah produksi tomat dunia yang rata-rata 20,6 ton /ha. Rendahnya produksi tomat di Indonesia, di antaranya disebabkan masih ditanamnya varietas tomat yang rendah produktivitasnya dan budidaya masih dilakukan secara konvensional.

Salah satu cara meningkatkan produksi dan kualitas tomat dengan menanam varietas hibrida unggul didukung sistem budidaya intensif, pengembangan tomat secara intensif ini dicirikan dengan penerapan, siantaranya, sistem mulsa .

Penggunaan mulsa sangat berpengaruh terhadap produksi dan kualitas tomat. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Balithort Lembang, produksi tomat varietas Berlian hanya mencapai 11,73 ton /ha, dengan buah rusak 1,9 ton/ha. Sedangkan dengan menggunakan mulsa jerami, produksi dapat mencapai 15,69 ton /ha, meningkat 35,04% dengan buah rusak 1,89 ton/ha.


Raup Untung Hingga Rp 5 Juta dari Pepaya California

Keuntungan menggunakan mulsa jerami pada musim kemarau, antara lain dapat mempertahankan kelembaban tanah, mengurangi fluktuasi suhu tanah, menekan pertumbuhan gulma, dan mencegah terjadinya kontak langsung antara buah dengan tanah yang dapat menyebabkan busuk buah.

Selain jerami kering, bahan mulsa lain adalah plastik hitam atau plastik hitam perak. Fungsinya sama dengan mulsa jerami, hanya saja plastik hitam perak dapat memantulkan sinar matahari yang secara tidak langsung berfungsi menaikkan suhu dan menurunkan kelembapan di sekitar tanaman sehingga dapat menghambat munculnya penyakit, dan menghalau hama seperti tungau, thrips, dan aphid.

Seorang pakar dari Balithort bidang fisiologi tanaman, berpendapat bahwa mulsa plastik hitam dapat meningkatkan kualitas tomat, khususnya kekerasan buah saat panen dan kandungan gula total gula setelah 7 hari penyimpanan. Sedangkan penggunaan mulsa jerami maupun plastik hitam dapat meningkatkan produksi tomat 39,5-60,5% dan menekan busuk buah 8,3-8,4%.

 

Mengulik Keunggulan Tomat Asal Mexico, Recento

Halaman: 
Penulis : Agung Rahmadsyah, Riana