logo


Penonaktifan Novel Baswedan dkk Kewenangan KPK, BKN Tegaskan Tak Ikut Campur

"KPK tidak pernah mengatakan perlu penjelasan dari KemenPAN-RB dan BKN," kata Kepala BKN Bima Wibisana

12 Mei 2021 05:00 WIB

Gedung KPK.
Gedung KPK. Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kepala BKN Bima Haria Wibisana menegaskan bahwa phaknya tidak ikut campur terkait nasib 75 pegawai KPK yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan alih status menjadi aparatur sipi negara (ASN). Ia menyebut penonaktifan penyidik senior Novel Baswedan dan 74 pegawai KPK lainnya adalah wewenang dari KPK.

"KPK tidak pernah mengatakan perlu penjelasan dari KemenPAN-RB dan BKN," kata Bima seperti dilansir detikcom, Selasa (11/5/2021).

Sementara itu, plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan bahwa 75 pegawai KPK yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan tidak dinonaktifkan. Ia menyebut Surat Keputusan Pimpinan KPK Nomor 652 Tahun 2021 hanya meminta 75 pegawai KPK tersebut menyerahkan tugas kepada pimpinannya.


Novel Baswedan Dinonaktifkan KPK, Okky Madasari: Orang Sudah Kehilangan Mata Masih Diragukan Komitmennya

"Dalam surat tersebut, pegawai diminta untuk menyerahkan tugas dan tanggung jawabnya kepada atasan langsung, sampai dengan ada keputusan lebih lanjut," kata Ali Fikri kepada wartawan, Selasa (11/5).

"Penyerahan tugas ini dilakukan semata-mata untuk memastikan efektivitas pelaksanaan tugas di KPK agar tidak terkendala dan menghindari adanya permasalahan hukum berkenaan dengan penanganan kasus yang tengah berjalan," jelasnya.

Novel Baswedan dkk Dinonaktifkan, WP KPK Melawan: Kita Akan Lakukan Konsolidasi

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati
 
×
×