logo


Novel Baswedan dkk Dinonaktifkan, WP KPK Melawan: Kita Akan Lakukan Konsolidasi

Yudi mengatakan bawai keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 70/PUU-XVII/2019 secara jelas mengatur alih status pegawai KPK menjadi ASN tidak bisa merugikan pegawai

12 Mei 2021 04:30 WIB

sumber : https://www.merdeka.com/peristiwa/kpk-tanggapi-pkpu-luluskan-eks-koruptor-maju-pilkada-2020-enggak-ada-yang-lain.html
sumber : https://www.merdeka.com/peristiwa/kpk-tanggapi-pkpu-luluskan-eks-koruptor-maju-pilkada-2020-enggak-ada-yang-lain.html

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Wadah Pegawai (WP) KPK, Yudi Purnomo mengatakan bahwa pihaknya bakal melakukan konsolidasi sebagai langkah selanjutnya atas penonaktifan 75 pegawai KPK yang  tidak lolos tes wawasan kebangsaan alih status menjadi aparatur sipil negara (ASN)..

"Pegawai KPK tentu akan melakukan konsolidasi untuk langkah yang akan kami ambil berikutnya," kata Yudi kepada wartawan, Selasa (11/5/2021).

Yudi mengatakan bawai keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 70/PUU-XVII/2019 secara jelas mengatur alih status pegawai KPK menjadi ASN tidak bisa merugikan pegawai. Ia pun meminta Ketua KPK Firli Bahuri mematuhi peraturan tersebut.


Novel Baswedan & 74 Pegawai KPK Resmi Dinonaktifkan, Mantan Jubir KPK: Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rajiun

"Karena bagi kami putusan MK sudah jelas bahwa peralihan status tidak merugikan pegawai dan amanat revisi UU KPK hanya alih status saja dari pegawai KPK jadi ASN dan Ketua KPK harus mematuhi itu," ujar pria yang juga dinonaktifkan itu.

Lebih lanjut, ia membenarkan bahwa 75 pegawai KPK yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan untuk alih status menjadi ASN sudah diminta menyerahkan tugas kepada pimpinannya.

"Benar bahwa SK dari Ketua KPK sudah diterima oleh sebagian besar pegawai yang tidak memenuhi syarat dan diminta dalam SK itu agar menyerahkan tugas dan tanggung jawab pekerjaannya kepada atasan langsungnya," ujar Yudi.

"Ini artinya penyelidik dan penyidik yang TMS misalnya tidak bisa lagi melakukan kegiatan penyelidikan dan penyidikan dan harus menyerahkan perkaranya kepada atasannya," pungkasnya.

Novel Baswedan Dinonaktifkan KPK, Okky Madasari: Orang Sudah Kehilangan Mata Masih Diragukan Komitmennya

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati
 
×
×