logo


WNA Datang Saat Mudik Dilarang, PKS: Praktik Kongkalikong Banyak Terjadi

Mufida menyoroti celah kebijakan yang bisa diakali mafia dan calo.

11 Mei 2021 18:26 WIB

Anggota Komisi IX DPR RI, Kurniasih Mufidayati
Anggota Komisi IX DPR RI, Kurniasih Mufidayati dok jitunews/khairul anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Kedatangan 85 WNA asal Tiongkok saat pemerintah berjuang menekan kasus Covid-19 dinilai sangat ironis. Terlebih, pemerintah baru saja menerbitkan aturan larangan mudik kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh anggota Komisi IX DPR Kurniasih Mufidawati. Politisi PKS itu menilai situasi saat ini sedang sensitif. Dia menyayangkan motif TKA masuk RI tidak dibeberkan secara jelas.

“Situasi saat ini sedang sensitif sekali. Rakyat sendiri dilarang mudik, sementara penjelasan tentang WNA yang disebut TKA itu kurang komprehensif, apakah itu TKA perpanjangan atau TKA baru?” ujar Mufida kepada wartawan, Selasa (11/5).


Protes WNA China Masuk ke Indonesia Saat Larangan Mudik, Tommy Kurniawan: Pemerintah Tidak Peka!

Mufida menyoroti celah kebijakan yang bisa diakali mafia dan calo. Oleh karenanya, ia menyarankan adanya evaluasi maupun pengetatan aturan.

“Pelajaran calo WNA di Bandara Soekarno Hatta dan peristiwa rapid test bekas di Kualanamu itu hanya fenomena gunung es. Jika kita mau jujur, praktik kongkalikong untuk mengakali aturan ini saya yakin banyak terjadi,” jelasnya.

Soal WNA yang Langgar Hukum di Indonesia, Habiburokhman: Jangan Lagi Sekedar Deportasi

Halaman: 
Penulis : Iskandar
 
×
×