logo


Aung San Suu Kyi Bakal Tampil di Persidangan pada 24 Mei Mendatang

Sejak ditangkap pada awal Februari lalu, pemimpin pemerintahan Myanmar yang digulingkan oleh junta militer, Aung San Suu Kyi, akan tampil di depan publik untuk pertama kalinya dalam sidang yang digelar pada 24 Mei mendatang.

10 Mei 2021 21:00 WIB

Aung San Suu Kyi
Aung San Suu Kyi REUTERS

YANGON, JITUNEWS.COM - Pengadilan Myanmar pada Senin (10/5) menginstruksikan kepada pemimpin pemerintahan Myanmar yang digulingkan oleh junta militer, Aung San Suu Kyi, untuk hadir dalam persidangan yang akan digelar pada 24 Mei mendatang.

"Ia (Aung San Suu Kyi) akan hadir di persidangan pada 24 Mei mendatang," kata kuasa hukum Khin Maung Zaw kepada AFP.

Meski demikian, ia mengatakan bahwa hingga kini Suu Kyi masih dilarang untuk bertemu dengan tim kuasa hukumnya.


Beijing Hentikan Dialog Ekonomi dengan Canberra, Ekspor Biji Besi Australia Terdampak?

"Masalah yang hingga kini masih belum terpecahkan adalah pihak kepolisian masih belum menjawab apakah mereka dapat menyusun pertemuan kami (dengan Suu Kyi)," tambahnya.

Sejak ditangkap dan ditahan oleh junta militer pada awal Februari lalu, Aung San Suu Kyi belum pernah sekalipun memperlihatkan diri kepada publik.

Ia juga didakwa telah melanggar sejumlah aturan hukum oleh junta militer Myanmar, seperti pelanggaran protokol kesehatan saat masa kampanye pada 2020 dan melakukan pembelian radio telekomunikasi ilegal. Sejumlah pihak menilai dakwaan terhadap Aung San Suu Kyi tersebut adalah langkah pembenaran dari junta militer untuk melakukan aksi kudeta pemerintahan.

Juve Terancam Tak Bisa Ikut Serie-A Musim Depan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×