logo


Menang Pemilu, Nicola Sturgeon Janji Bawa Skotlandia Merdeka

Nicola Sturgoen mengatakan bahwa dirinya akan terus memperjuangkan kemerdekaan Skotlandia, lepas dari persemakmuran Inggris.

10 Mei 2021 19:33 WIB

Perdana Menteri Skotlandia Nicola Sturgeon
Perdana Menteri Skotlandia Nicola Sturgeon istimewa

EDINBURG, JITUNEWS.COM - Usai memenangkan pemilu parlemen, pemimpin Partai Nasional Skotlandia (SNP) Nicola Sturgeon mengatakan bahwa dirinya akan "memimpin Skotlandia menuju kemerdekaan", meski mendapat tentangan dari pemerintah Inggris.

"Saya berharap dapat memimpin Skotlandia menuju kemerdekaan," kata Sturgeon kepada BBC pada Minggu (9/5).

Ia menambahkan bahwa tidak ada satu pun pihak asing, dalam hal ini pemerintah Inggris, yang dapat menggagalkan referendum kemerdekaan Skotlandia.


Hubungan Rusia dengan Negara Barat Sedang Panas, Putin Malah Pamerkan Kekuatan Militernya

Sturgeon sendiri selama beberapa tahun belakangan ini diketahui sudah menabuh genderang kemerdekaan Skotlandia lepas dari persemakmuran Inggris sejak pemerintahan Inggris masih dipimpin oleh Perdana Menteri Theresa May.

Dalam wawancara dengan BBC tersebut, Sturgeon berjanji akan menyusun rencana referendum kemerdekaan setelah Skotlandia mampu menangani situasi pandemi Covid-19.

Sementara itu, mantan pemimpin Partai nasional Skotlandia Alex Salmond meyakini rencana digelarnya referendum tersebut dapat terwujud jika Sturgeon mampu meyakinkan rakyat Skotlandia bahwa keluar dari persemakmuran Inggris adalah hal yang positif bagi mereka.

"Jika kita memiliki referendum, dengan menjelaskan mengapa kemerdekaan sangat bagus bagi Skotlandia, maka kita bisa mendapatkan dukungan yang lebih banyak (dari masyarakat)," kata Alex Salmond.

 

5G Belum Hadir di Banyak Negara, China Sudah Miliki 35 Persen Hak Paten Teknologi 6G

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×