logo


Idul Fitri, Taliban Hentikan Serangan di Afghanistan Selama Tiga Hari

Juru bicara Taliban mengatakan bahwa kelompok militan tersebut akan menghentikan serangannya selama tiga hari selama perayaan Idul Fitri yang jatuh pada 13 Mei ini.

10 Mei 2021 14:30 WIB

Anggota Pasukan Taliban
Anggota Pasukan Taliban istimewa

KABUL, JITUNEWS.COM - Kelompok militan Taliban pada Senin (10/5) mengatakan bahwa mereka akan mempertimbangkan adanya gencatan senjata tiga hari selama perayaan Idul Fitri usai beberapa pekan sebelumnya mereka telah meningkatkan intensitas serangan di Afghanistan.

"Agar Mujahidin kembali memberikan suasana damai dan aman kepada rekan-rekan kita selama Idul Fitri sehingga mereka dapat merayakan kesempatan yang menggembirakan ini, semua Mujahidin diperintahkan untuk menghentikan semua operasi ofensif," Mohammad Naeem, seorang juru bicara Taliban dalam postingan Twitter.

Deklarasi gencatan senjata tersebut dilakukan dua hari usai terjadinya sebuah insiden ledakan bom mobil di luar sekolah di Kabul. Lebih dari 60 orang yang mayoritas adalah murid sekolah tewas dalam insiden tersebut.


60 Persen Warga Jepang Tolak Olimpiade, PM Suga: Saya tak Pernah Mengutamakan Olimpiade

Hingga saat ini belum ada satu pun pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan brutal itu. Kelompok Taliban juga menegaskan bahwa mereka tidak terlibat dalam insiden ledakan tersebut.

Fraidoon Khwazoon, juru bicara Dewan Rekonsiliasi Nasional Afghanistan mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik pengumuman gencatan senjata yang disampaikan oleh militan Taliban.

Sementara itu, situasi keamanan di kota Kabul belakangan ini semakin tidak kondusif usai kelompok Taliban meningkatkan intensitas serangan karena tidak terima dengan keputusan pemerintah Amerika Serikat yang pada bulan lalu mengumumkan akan menarik semua pasukan dari Afghanistan pada 11 September mendatang.

 

PM Vietnam Khawatir Peningkatan Kasus Covid-19 Berdampak terhadap Stabilitas Politik

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×