logo


Lukashenko Serahkan Kekuasaan kepada Dewan Keamanan Belarus Jika Tak Lagi Mampu menjadi Presiden

Presiden Belarus Alexander Lukashenko menyetujui adanya pemindahan kekuasaan kepada Dewan Keamanan Belarus jika suatu saat dirinya tak lagi mampu menjalankan tugas sebagai presiden

10 Mei 2021 13:00 WIB

Alexander Lukashenko
Alexander Lukashenko cnn

MINSK, JITUNEWS.COM - Presiden Belarus, Alexander Lukashenko dikabarkan telah menandatangani sebuah dekrit yang memungkinkan adanya pemindahan kekuasaan kepemimpinan kepada dewan keamanan Belarus jika suatu saat ia terbunuh atau tidak lagi mampu menjalankan tugas sebagai Presiden. Hal tersebut dilaporkan oleh media milik pemerintah Belarus, Belta, pada Sabtu akhir pekan lalu.

Sebelumnya, jika terjadi kekosongan pada jabatan presiden di Belarus, atau sang presiden tak lagi mampu mengemban tugasnya, maka kekuasaan akan dialihkan kepada perdana menteri hingga seorang presiden baru nantinya dilantik.

Alexander Lukashenko sendiri sebelumnya juga enggan mengundurkan diri meski tokoh oposisi Sviatlana Tsikhanouvskaia diyakini telah berhasil memenangkan hasil pemilu presiden Belarus yang digelar pada Agustus 2020 lalu. Tindakan Lukashenko tersebut memicu kemarahan warga Belarus yang kemudian menggelar aksi protes besar-besaran selama beberapa bulan.


Erdogan Kutuk Serangan Brutal Israel terhadap Masjid Al Aqsa

Lukashenko, yang memimpin Belarus lebih dari seperempat abad tersebut, membantah adanya kecurangan pada hasil pemilu lalu dan menuding para pendemo telah bersekongkol dengan pihak asing seperti negara-negara barat.

Liga Arab Gelar Pertemuan Luar Biasa untuk Bahas soal Bentrokan di Masjid Al Aqsa

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×