logo


Kritik Mendag Lutfi soal Bipang Ambawang, PDIP: Selalu Bikin Jokowi Terpojok

Mendag Lutfi disebut sering memberi masukan yang keliru kepada Jokowi

9 Mei 2021 15:10 WIB

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi Instagram

JAKARTA, JTUNEWS.COM - Politikus PDIP, Mufti Anam meminta Menteri Perdagangan M. Lutfi lebih teliti dan cermat dalam menjalankan program atau mengambil kebijakan agar tidak selalu menyulitkan Presiden. Hal tersebut ia sampaikan usai Mendag Lutfi memberi klarifikasi terkait video Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mempromosikan bipang Ambawang khas Ambawang, Kalimantan Barat.

"Beberapa kali Pak Mendag selalu bikin posisi Presiden Jokowi terpojok. Pertama, soal benci produk asing. Kedua, soal impor beras. Ketiga, soal bipang Ambawang yang membuat Pak Jokowi di-framing sedemikian rupa di medsos, seolah-olah Pak Jokowi penikmat babi panggang, apalagi konteksnya bicara soal mudik Lebaran," kata Mufti Anam dalam keterangan tertulis, Minggu (9/5/2021).

Mufti mengatakan bahwa Mendag Lutfi sudah berkali-kali memberi masukan yang keliru kepada Jokowi. Ia menyebut kekeliruan tersebut dapat berakibat fatal.


Heboh Jokowi Promosi Bipang Ambawang, JoMan: Yang Tidak Benar ya Pratikno

"Mulai dari benci produk asing sampai bipang ambawang yang viral di seluruh Indonesia, dan sampai jadi perbincangan di kalangan tokoh-tokoh agama di desa-desa di dapil saya," ucapnya.

"Betapa fatalnya Mendag Lutfi menyarankan Pak Jokowi mempromosikan bipang ambawang dalam konteks ketika Presiden bicara soal mudik. Kenapa tidak dicek script-nya, kenapa tidak dicek sebelum dipublikasikan? Apa ada maksud ingin mendiskreditkan Presiden?" sambungnya.

Lebih lanjut, anggota Komisi VI DPR RI itu meminta agar Kementerian Perdagangan melalukan evaluasi.

"Presiden Jokowi adalah pecinta kuliner lokal, pencinta UMKM. Tapi tentu beliau tidak hafal nama puluhan ribu jenis kuliner di Tanah Air. Mendag Lutfi mestinya paham kalau mau bikin gerakan seperti itu, jangan malah bekerja tidak teliti sehingga membuat Pak Jokowi terpojok," pungkasnya.

Sebelumnya, masyarakat dihebohkan dengan video yang memperlihatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi)  mempromosikan bipang Ambawang berbahan babi khas Ambawang, Kalimantan Barat. Video tersebut langsung menuai banyak kritikan karena dipromosikan saat hendak lebaran. Usai ramai diperbincangakan, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi meminta maaf dan mengatakan bahwa pernyataan Jokowi dilakukan untuk promosi produk lokal.

 

Heboh Jokowi Promosi Bipang Ambawang, Gerindra: Tim Komunikasi Presiden Perlu Dievaluasi

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati
 
×
×