logo


Pangkalan Milter AS di Irak Kembali Dihajar Serangan Drone

Serangan drone kembali dilaporkan menerjang sebuah fasilitas militer milik pasukan koalisi AS di Irak pada Sabtu (8/5)

9 Mei 2021 05:30 WIB

Pasukan AS di Irak
Pasukan AS di Irak bbc

BAGHDAD, JITUNEWS.COM - Juru bicara pasukan koalisi AS, Kolonel Wayne Marotto, mengatakan bahwa pangkalan militer pasukan koalisi di Ain al Asad di Irak bagian barat telah mendapat serangan udara yang dilancarkan melalui drone pada Sabtu (8/5) pagi waktu setempat. Insiden serangan tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, namun sebuah hangar yang berada di dalam fasilitas tersebut mengalami sejumlah kerusakan.

Ia juga mengatakan bahwa serangan tersebut merupakan serangan kedua yang terjadi selama pekan ini, dan pihaknya saat ini tengah melakukan investigasi.

Sejauh ini, belum ada satu pun pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.


China Ingin Bangun Pangkalan Militer di Afrika

Sementara itu, militer Irak juga melaporkan bahwa serangan tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Meski demikian, mereka enggan merilis informasi detail mengenai insiden tersebut.

Sejak tahun 2020 lalu, Pangkalan militer tersebut sering menjadi target serangan udara pasca terbunuhnya petinggi militer Iran Jenderal Qasem Solemani dalam serangan udara yang dilakukan oleh AS di dekat bandara internasional Baghdad awal Januari 2020.

Pada bulan Maret, pasukan koalisi AS melaporkan bahwa pangkalan militer di Ain al Asad telah dibombardir oleh sepuluh unit rudal yang diyakini ditembakkan oleh kelompok militan yang mendapat dukungan dari Iran.

WHO Pasrahkan Keputusan terkait Partisipasi Taiwan dalam Sidang WHA kepada 194 Negara Anggotanya

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×