logo


WHO Pasrahkan Keputusan terkait Partisipasi Taiwan dalam Sidang WHA kepada 194 Negara Anggotanya

WHO menyatakan bahwa mereka tidak dapat mengundang Taiwan untuk ikut serta dalam sidang Majelis Kesehatan Dunia secara langsung, dimana hal tersebut tergantung dari keputusan 194 negara anggotanya

9 Mei 2021 04:45 WIB

Kantor pusat WHO di Jenewa, Swiss
Kantor pusat WHO di Jenewa, Swiss istimewa

JENEWA, JITUNEWS.COM- Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa keputusan untuk mengundang Taiwan untuk ikut berpartisipasi dalam sidang Majelis Kesehatan Dunia atau World Health Assembly (WHA) berada di tangan 194 negara anggota WHO.

"Posisi Taiwan sebagai pihak pengamat pada World Health Assembly adalah pertanyaan untuk dipertimbangkan oleh bagi 194 negara anggota WHO terkait keputusannya," demikian pernyataan WHO diktuip Sputniknews.

"Majelis Kesehatan Dunia dapat mengundang pihak pengamat melalui sebuah resolusi atau keputusan yang diambil melalui suara mayoritas (voting) 194 negara anggota," tambahnya.


Uni Eropa Minta AS dan Negara Lain Ekspor Vaksin Covid-19 ke Negara yang Memerlukan

Pada Jumat (7/5), Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken mengatakan bahwa pihaknya mendesak WHO mengundang Taiwan untuk ikut berpartisipasi dalam sidang WHA yang rencananya digelar secara virtual pada 24 Mei hingga 1 Juni mendatang. Blinken menilai Taiwan pantas diundang sebagai pihak pengamat karena berhasil mengatasi situasi wabah Covid-19 secara efektif.

Wacana mengenai undangan kepada Taiwan tersebut tentu saja ditentang oleh China, mengingat mereka tidak mengakui Taiwan sebagai negara merdeka, melainkan hanya provinsi yang kelak akan bergabung kembali dengan China Daratan.

China Ingin Bangun Pangkalan Militer di Afrika

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×