logo


PBB Kecam Tindak Penggusuran yang Dilakukan oleh Israel terhadap Warga Palestina di Jerusalem Timur

PBB menyebut tindakan Israel tersebut melanggar undang-undang internasional dan bisa dianggap sebagai tindak kejahatan perang

8 Mei 2021 12:15 WIB

Pemukiman warga Palestina di Tepi Barat dihancurkan oleh Israel
Pemukiman warga Palestina di Tepi Barat dihancurkan oleh Israel reuters

JAKARTA, JITUNEWS.COM - PBB telah melayangkan peringatan bagi Israel untuk menghentikan tindakan mereka menggusur warga yang tinggal di wilayah Jerusalem Timur, yang merupakan wilayah milik Palestina.

Juru bicara Komisioner HAM PBB Rupert Colville mendesak Israel untuk menghentikan tindakan penggusuran di wilayah Jerusalem Timur dimana hal tersebut memicu terjadinya bentrokan antara warga Palestina yang tinggal di wilayah tersebut dengan pihak keamanan Israel.

"Kami menekankan bahwa Jerusalem Timur adalah bagian dari wilayah Palestina yang diduduki (oleh Israel), yang mana hukum internasional mengenai kemanusiaan berlaku di sana," kata Colville, dikutip RT.com.


Wapres AS Minta Negara Kawasan Amerika Tengah Selesaikan Akar Masalah Gelombang Imigran

Ia juga menyebut tindakan Israel tersebut melanggar undang-undang internasional dan kemungkinan bisa dianggap sebagai tindak kejahatan perang.

Sementara itu, sejumlah negara Eropa seperti Perancis, Jerman dan Inggris juga sudah meminta Israel untuk menghentikan pembangunan ratusan pemukiman Yahudi di wilayah Tepi barat tersebut.

"Kami mendesak pemerintah Israel untuk membatalkan keputusan mereka membangun konstruksi 540 unit rumah di dekat area Har Homa E di wilayah Tepi Barat yang didudukinya," demikian pernyataan sejumlah negara Eropa tersebut pada Kamis (6/5), dikutip RT.com.

"(Pembangunan) pemukiman adalah hal ilegal dibawah undang-undang internasional, dimana itu mengancam prospek resolusi damai konflik Israel-Palestina," tambahnya.

Ledakan Varian Covid-19 India Mengancam Seluruh Dunia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia