logo


Ledakan Varian Covid-19 India Mengancam Seluruh Dunia

Tokoh oposisi pemerintah India menyebut jika varian covid-19 India tidak hanya akan menghancurkan rakyat India saja, namun juga mengancam seluruh dunia

8 Mei 2021 11:14 WIB

Seorang pria di India duduk di sebelah jenazah pasien Covid-19 yang menunggu giliran untuk dikremasi
Seorang pria di India duduk di sebelah jenazah pasien Covid-19 yang menunggu giliran untuk dikremasi Al Jazeera

NEW DELHI, JITUNEWS.COM - Pemimpin oposisi India, Rahul Gandhi pada Jumat (7/5) memperingatkan bahwa jika situasi Covid-19 di negara tersebut tidak segera dapat dikendalikan, maka hal tersebut akan berdampak sangat buruk terhadap India yang juga akan mengancam seluruh dunia.

Dalam sebuah surat, Gandhi mendesak Perdana Menteri Narendra Modi untuk mempersiapkan aturan lockdown, mempercepat program vaksinasi dan melakukan pelacakan terhadap virus dan mutasinya.

Menurut Gandhi, negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia tersebut bertanggung jawab untuk menghentikan "ledakan" peningkatan kasus Covid-19 di dalam wilayahnya.


Menlu AS Minta WHO Undang Taiwan Ikut World Health Assembly

"India adalah rumah dari satu per enam manusia di planet ini. Pandemi telah menunjukkan bahwa ukuran kita, keberagaman dan kompleksitas genetik membuat India menjadi lahan yang subur bagi virus untuk bermutasi secara cepat, merubah dirinya menjadi bentuk yang lebih mudah ditularkan dan lebih berbahaya," tulis Gandhi, dikutip Reuters.

Ia juga melayangkan kritik terhadap Perdana Menteri Narendra Modi yang tidak segera bertindak untuk mencegah terjadinya gelombang tsunami wabah Covid-19. Modi bahkan membiarkan acara festival keagamanan dan kegiatan kampanye politik yang menarik puluhan ribu warga masyarakat pada beberapa pekan lalu, dimana hal tersebut memicu penularan Covid-19.

"Membiarkan penyebaran virus tidak terkendali di negara kita, tidak hanya akan menghancurkan rakyat kita saja tapi juga bagi seluruh dunia," tambahnya.

Sementara itu, varian Covid-19 India atau yang juga dikenal dengan varian B.1.617 diketahui juga telah menyebar ke sejumlah negara, dan banyak negara di dunia yang saat ini sudah memblokir semua pergerakan internasional dari India.

Wapres AS Minta Negara Kawasan Amerika Tengah Selesaikan Akar Masalah Gelombang Imigran

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia