logo


Wapres AS Minta Negara Kawasan Amerika Tengah Selesaikan Akar Masalah Gelombang Imigran

Kamala Harris bertemu dengan Presiden Meksiko dan membahas mengenai isu aliran imigran ilegal yang masuk ke wilayah AS

8 Mei 2021 10:45 WIB

Gelombang imigran yang mencoba masuk ke wilayah AS
Gelombang imigran yang mencoba masuk ke wilayah AS istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Wakil presiden AS Kamala Harris meminta negara-negara Amerika Tengah untuk segera menyelesaikan akar permasalahan yang menyebabkan ribuan warganya berupaya masuk ke wilayah AS secara ilegal, seperti tindak kekerasan dan tingginya korupsi. Hal tersebut ia sampaikan saat bertemu dengan Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador, pada Jumat (7/5).

"Saya dan anda sebelumnya sudah membahas pemahaman dan keyakinan bahwa sebagian besar orang tidak ingin meninggalkan negara asalnya dan saat mereka melakukannya, seringnya mereka melarikan diri dari situasi bahaya atau mereka terpaksa pergi karena tidak menemukan peluang di negaranya," kata Harris dikutip Sputniknews.

Harris menegaskan bahwa AS juga akan berkoordinasi dengan negara di kawasan tersebut untuk menyelesaikan krisis ini. Sementara itu, Lopez Obrador mengatakan bahwa Meksiko akan terus membantu AS terkait krisis imigran ilegal di perbatasan kedua negara tersebut.


Anggota Parlemen India Sebut China Kerahkan Pasukan ke Ladakh untuk Serang India

Meski demikian, Obrador mendesak Amerika Serikat untuk tidak ikut mencampuri urusan dalam negeri Meksiko setelah mengungkap ada pembayaran dari pemerintah AS ke sebuah lembaga pengamat korupsi di Meksiko yang selama ini dinilai menentang pemerintah.

"Ini adalah sebuah tindakan intervensi yang melanggar kedaulatan kami," kata Lopez Obrador.

"Oleh sebab itu kami meminta pemerintah AS untuk mengklarifikasi hal ini. Sebuah negara asing tidak dapat menyediakan uang kepada kelompok politik (dalam negeri Meksiko)," tambahnya.

Menlu AS Minta WHO Undang Taiwan Ikut World Health Assembly

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×