logo


Menlu AS Minta WHO Undang Taiwan Ikut World Health Assembly

Menteri Luar Negeri AS meminta WHO mengundang Taiwan untuk hadir sebagai pihak pengamat di World Health Assembly atau Majelis Kesehatan Dunia yang digelar pada Mei ini

8 Mei 2021 10:16 WIB

Bendera Taiwan
Bendera Taiwan istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken meminta Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk mengundang Taiwan untuk ikut berpartisipasi di dalam pertemuan World Health Assembly (WHA) atau Majelis Kesehatan Dunia yang sedianya akan digelar di Jenewa pada bulan Mei ini.

"Tida ada pembenaran yang masuk akal bagi Taiwan untuk tidak dimasukkan ke dalam forum ini, dan Amerika Serikat meminta Direktur Jenderal WHO untuk mengundang Taiwan berpartisipasi sebagai pihak pengamat pada WHA," kata Blinken dalam sebuah pernyataan pada Jumat (7/5), dikutip Sputniknews.

Beberapa hari sebelumnya, pemerintah AS juga telah mengatakan bahwa WHO perlu mendengar saran dari Taiwan terkait penanganan situasi pandemi virus Corona. Dalam hal ini, Amerika Serikat meyakini jika Taiwan sudah berhasil menangani wabah Covid-19 dengan luar biasa efektif dan bahkan sudah mengirimkan donasi berupa peralatan medis ke negara lain.


Jika Negosiasi Vienna Gagal, AS Siap Lakukan Apapun untuk Cegah Iran Kembangkan Senjata Nuklir

Selama ini, China dengan tegas menolak keikutsertaan Taiwan di dalam WHA karena mereka meyakini jika Taiwan bukanlah sebuah negara yang merdeka, melainkan salah satu provinsi yang kelak akan kembali bargabung dengan China daratan.

Anggota Parlemen India Sebut China Kerahkan Pasukan ke Ladakh untuk Serang India

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia