logo


Anggota Parlemen India Sebut China Kerahkan Pasukan ke Ladakh untuk Serang India

Seorang anggota parlemen India, Subramanian Swamy mengklaim jika China sudah mengerahkan pasukan ke wilayah perbatasan dan akan menyerang India dalam waktu dekat.

8 Mei 2021 09:44 WIB

Pegunungan Himalaya
Pegunungan Himalaya istimewa

NEW DELHI, JITUNEWS.COM - Seorang anggota Parlemen India dari Partai Bharatiya Janata, Subramanian Swamy, mengklaim jika China saat ini tengah mempersiapkan pasukannya di dataran tinggi Ladakh untuk menyerang India dalam waktu dekat.

"Saya harus menginformasikan bahwa pada saat krisis (Covid-19) ini, China sudah mengirim pasukan tentara (PLA) tambahan ke wilayah Ladakh di sepanjang LAC (garis perbatasan dengan India) untuk menyerang di waktu dekat. Kami juga sudah bersiap namun serangan tersebut akan memakan korban jiwa. Kita seharusnya tidak menyerahkan Kailash Range sebelum China menarik pasukan dari wilayah tersebut," tulis Swamy dalam postingan Twitternya.

Satu tahun sebelumnya, tentara India dan China diketahui telah terlibat insiden bentrokan di dataran tinggi Ladakh usai terlibat sengketa garis perbatasan. India menuding pasukan China telah melanggar garis batas wilayah perbatasan. Puluhan prajurit tewas dalam bentrokan tanpa penggunaan senjata api tersebut.


WN China Masuk RI di Masa Larangan Mudik, Dirjen Imigrasi Sebut untuk Urusan Pekerjaan

Hingga kini, pembicaraan mengenai sengketa perbatasan tersebut masih berlanjut. Militer India dan China sudah menggelar serangkaian pembicaraan terkait upaya penyelesaian sengketa dengan penarikan pasukan yang sebelumnya sudah mereka terjunkan ke wilayah perbatasan di Danau Pangong Tso, dataran tinggi Ladakh.

"Jika Pemerintah mendengarkan ketika saya pertama kali memberi tahu (Narendra) Modi pada tahun 2015 tentang rencana China ini dan kemudian kepada Amit Shah di kediamannya dengan hadirnya pejabat senior RSS, kami tidak akan berada dalam keadaan yang menyedihkan ini. Modi diam tetapi Shah meremehkan," kata Swamy.

Jika Negosiasi Vienna Gagal, AS Siap Lakukan Apapun untuk Cegah Iran Kembangkan Senjata Nuklir

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×