logo


Jika Negosiasi Vienna Gagal, AS Siap Lakukan Apapun untuk Cegah Iran Kembangkan Senjata Nuklir

Seorang pejabat Kementerian Luar Negeri AS mengatakan bahwa pihaknya juga sudah bersiap menghadapi skenario tersebut, yakni jika proses negosiasi Vienna dengan Iran gagal tercapai.

8 Mei 2021 09:16 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat mengatakan bahwa pihaknya siap untuk melakukan apa saja yang dapat mereka lakukan untuk mencegah Iran mengembangkan senjata nuklirnya jika negosiasi Vienna terkait pembahasan mengenai perjanjian nuklir JCPOA gagal tercapai.

"Kami sudah bersiap untuk skenario tersebut, tapi skenarioa kami lebih kami sukai, yakni sesuai dengan kepentingan kami dan Iran, adalah untuk kembali saling memenuhi (aturan) perjanjian nuklir," kata seorang pejabat senior Kementerian Luar Negeri AS kepada para wartawan, dikutip Sputniknews.

Seperti diketahui, pembicaraan di Vienna terkait kemungkinan AS dan Iran kembali masuk dan mematuhi aturan perjanjian nuklir 2015 atau JCPOA saat ini tengah berlangsung. Pada akhir April lalu, Iran mengatakan bahwa negosiasi tersebut sejauh ini "masih berada di jalur yang tepat" dan berjanji akan kembali mematuhi aturan perjanjian nuklir JCPOA jika AS sudah mencabut sanksi atas Iran.


Desak Negara Muslim Teruskan Perjuangan Lawan Israel, Khamenei: Mimpi Buruk bagi Para Zionis

Sementara itu, pemerintahan Joe Biden hanya akan mencabut sanksi yang sebelumnya dijatuhkan oleh Donald Trump terhadap Iran jika pemerintah Iran kembali mematuhi aturan perjanjian nuklir, yakni dengan menghentikan aktivitas nuklirnya.

Pemerintah Jepang Perpanjang Status Darurat Nasional untuk Redam Covid-19

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×