logo


Pemerintah Jepang Perpanjang Status Darurat Nasional untuk Redam Covid-19

Perdana Menteri Jepang mengatakan bahwa pihaknya memperpanjang pemberlakukan status darurat nasional hingga akhir Mei sehingga wabah Covid-19 tidak mengganggu penyelenggaraan Olimpiade Tokyo

7 Mei 2021 21:30 WIB

Salah satu sudut kota Tokyo, Jepang
Salah satu sudut kota Tokyo, Jepang Live Japan

TOKYO, JITUNEWS.COM - Pemerintah Jepang pada Jumat (7/5) memperpanjang pemberlakuan status darurat nasional di wilayah Tokyo dan tiga wilayah lain hingga 31 Mei mendatang guna menekan laju penyebaran wabah Covid-19. Meski demikian, Perdana Menteri Yoshihide Suga menegaskan bahwa pihaknya akan tetap menggelar acara Olimpiade Tokyo sesuai dengan jadwal pada musim panas tahun ini.

"Pemerintah (Jepang) berharap status darurat nasional yang diberlakukan secara singkat namun kuat dapat menghentikan gelombang keempat infeksi Covid-19, tapi kasus baru di sejumlah kota besar seperti Tokyo dan Osaka saat ini masih tinggi," kata Suga, dikutip Reuters.

Nantinya, pemerintah Jepang hanya memiliki waktu kurang dua bulan sebelum Olimpiade digelar pada 23 Juli mendatang.


Junta Militer Myanmar Ijinkan ASEAN Kirim Perwakilan Jika Situasi Sudah Aman dan Stabil

Sementara itu, lebih dari 230 ribu orang pada Jumat (7/5) telah menandatangani petisi online di Jepang, mendesak agar Olimpiade Tokyo ditunda.

Suga mengatakan bahwa pihak penyelenggara Olimpiade juga akan memberlakukan sejumlah kebijakan yang akan melindungi para atlet dan seluruh warga Jepang dari potensi penularan Covid-19. Ia juga menegaskan bahwa Jepang dapat menggelar Olimpiade secara aman dengan mengikuti seluruh aturan protokol kesehatan yang ada.

"Kami akan melakukan semua upaya untuk menekan penyebaran infeksi," tambahnya.

Desak Negara Muslim Teruskan Perjuangan Lawan Israel, Khamenei: Mimpi Buruk bagi Para Zionis

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×