logo


Presiden Brazil Tuding China Picu Perang Biologis dengan Virus Covid-19

Presiden Jair Bolsonaro menuding jika virus Covid-19 sengaja dibuat oleh China untuk memicu perang biologis

7 Mei 2021 18:06 WIB

 Jair Bolsonaro
Jair Bolsonaro Istimewa

BRASILIA, JITUNEWS.COM - Presiden Brazil Jair Bolsonaro menuding China telah meluncurkan "perang biologis" dengan menciptakan virus Covid-19 di laboratorium.

"Ini adalah sebuah virus baru. Tidak ada seorang pun yang tahu apakah virus ini terlahir dari sebuah (eksperimen) laboratorium atau karena seseorang memakan hewan yang seharusnya tidak dimakan. Tapi, pihak militer sangat paham soal perang kimia, biologis dan radiologi. Mungkinkah kita tengah berada di sebuah peperangan yang baru?" kata Bolsonaro seperti dilaporkan oleh AFP.

"Saya penasaran, negara mana yang GDP-nya paling meningkat (di tahun 2020 lalu)? tambahnya.


Potensi Agresi Militer Rusia, AS Bakal Terus Berikan Dukungan di Sektor Pertahanan Ukraina

Seperti diketahui, China adalah satu-satunya negara anggota G20 yang perekonomiannya mengalami pertumbuhan mencapai 2,3 persen di tengah situasi pandemi dan lockdown yang diberlakukan di berbagai negara di seluruh dunia.

Sementara itu, laporan dari WHO sejauh ini belum dapat memastikan bahwa virus Covid-19 dengan sengaja dikembangkan di laboratorium.

Sedangkan Bolsonaro sendiri sejak awal tahap pandemi diketahui menjadi salah satu sosok yang menentang saran para pakar kesehatan, dengan tidak memberlakukan pembatasan sosial ataupun aturan lockdown guna mencegah penyebaran wabah Covid-19. Ia menilai aturan pembatasan dan lockdown memiliki dampak yang jauh lebih merusak daripada wabah Covid-19 itu sendiri. Hasilnya, Brazil menjadi salah satu negara dengan jumlah kasus infeksi dan kematian akibat Covid-19 tertinggi di dunia.

 

Larang Kegiatan Takbir Keliling & Batasi Jumlah Orang di Masjid, Menag Yaqut: Ikhtiar untuk Menghindarkan Kerumunan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia