logo


KPK Serahkan Nasib 75 Pegawai Gagal Tes ASN ke KemanPAN-RB, Tjahjo Kumolo: Kok Dikembalkan, Kan Sudah Selesai

Tjahjo Kumolo menegaskan bahwa KemenPAN-RB tidak ikut campur dalam proses tes wawasan kebangsaan KPK.

7 Mei 2021 15:48 WIB

istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo mangaku tidak tahu terkait nasib 75 pegawai KPK yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan untuk alih status sebagai aparatur sipil negara (ASN). Ia menyebut nasib 75 pegawai KPK tersebut adalah urusan internal KPK.

"Saya tidak tahu (terkait nasib 75 pegawai KPK yang tidak lolos). Sejak awal kan ini masalah intern KPK," kata Tjahjo kepada wartawan, Jumat (7/5/2021).

Tjahjo mengaku bingung dengan mekanisme penyerahan nasib 75 pegawai KPK yang tidak lolos tes ASN ke KemenPAN-RB. Ia menegaskan bahwa KemenPAN-RB tidak ikut campur dalam proses tes wawasan kebangsaan KPK.


Ada Pertanyaan Terkait 'Hasrat' dan 'Istri Kedua' di Tes ASN KPK, PKS: Jika yang Masuk Sampah Maka Sampah Pula yang Keluar

Ia menyebut KPK bekerjasama dengan Badan Kepagawaian Negara (BKN) dalam proses penyelenggaraan tes wawasan kebangsaan KPK. Hasil tes, kata Tjahjo, akan diputuskan sepenuhnya oleh pimpinan KPK.

"Ya sudah selesai, kok dikembalikan ke PAN RB? Dasar haknya apa? Ini kan intern rumah tangga KPK," ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal KPK Cahya H. Herefa mengatakan bahwa nasib 75 pegawai KPK yang tidak lolos tes ASN akan diserahkan ke KemenPAN-RB.

"KPK akan melakukan koordinasi dengan KemenPAN-RB dan BKN terkait tindak lanjut terhadap 75 pegawai yang dinyatakan TMS (Tidak Memenuhi Syarat)," kata Cahya di Gedung KPK, Rabu (5/5/2021).

Mangkir dari Panggilan Penyidik KPK, Azis Syamsuddin Ngaku Ada Agenda Lain

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati