logo


Potensi Agresi Militer Rusia, AS Bakal Terus Berikan Dukungan di Sektor Pertahanan Ukraina

Amerika Serikat akan terus memberikan dukungan pada sektor pertahanan Ukraina yang menghadapi potensi agresi militer Rusia

7 Mei 2021 11:30 WIB

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy (kiri) dan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy (kiri) dan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken AFP

KIEV, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken pada Kamis (6/5) mengatakan bahwa pemerintah Amerika Serikat akan terus menyediakan dukungan bagi Ukraina untuk memperkuat keamanan dan pertahanannya. Hal tersebut ia sampaikan dalam sesi konferensi pers usai bertemu dengan Presiden Ukraina Vologymyr Zelenskiy di Kiev.

"Kami sudah membahas mengenai sejumlah detail dukungan yang dapat kami sediakan dan akan terus kami sediakan begi Ukraina untuk memperkuat keamanan dan pertahanan, dan ini adalah sebuah hal yang secara aktif kami upayakan," kata Blinken kepada para wartawan.

Blinken juga mengatakan bahwa pemerintah AS meyakini jika Rusia mampu melakukan tindakan agresif di perbatasan Ukraina jika Moskow memilih untuk melakukannya.


AS Dukung Ukraina Gabung NATO

"Rusia sudah menarik sejumlah pasukannya, tapi pasukan dalam jumlah signifikan masih berada di perbatasan Ukraina...dan juga, Rusia memiliki kemampuan untuk mengambil tindakan agresif jika mereka memilihnya, dan kami terus mengawasinya dengan seksama," lanjut Blinken.

Sementara itu, Presiden Zelenskiy mengatakan bahwa konflik di wilayah Donbas dan program pembangunan jalur pipa gas Rusia-Jerman Nord Stream 2 adalah beberapa topik yang ia bahas dalam pertemuan dengan Menteri Luar negeri AS tersebut.

"Kami telah membahas tidak hanya masalah yang berkaitan dengan pendudukan wilayah kami dan aneksasi ilegal Krimea oleh Rusia. Kami telah membahas masalah yang berkaitan dengan Nord Stream 2, yang juga merupakan topik yang sangat sensitif bagi kami," kata Zelenskiy.

Amankan Proses Penarikan Pasukan AS dari Afghanistan, Pentagon Kirim Selusin Pesawat F-18

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×