logo


Luhut Pandjaitan: Sudah Terlalu Lama Negeri Kita Bergantung pada Produk Luar Negeri

Luhut menyatakan pentingnya menggunakan produk dalam negeri agar perekonomian nasional bisa bergerak.

7 Mei 2021 07:00 WIB

Luhut Panjaitan
Luhut Panjaitan BeritaCAS

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Indonesia selama ini terlalu bergantung pada produk luar negeri.

“Sudah terlalu lama rasanya negeri kita ini bergantung pada produk-produk dari luar negeri, terutama untuk keperluan industri kita,” ujar Menko Luhut di akun Instagram @luhut.pandjaitan, dikutip Jumat (7/5).

Luhut menuturkan, Indonesia memiliki belanja modal barang sebesar Rp 1.300 triliun. Dari dana tersebut, terdapat 17 miliar dolar AS yang bisa digunakan untuk belanja barang produk dalam negeri.


Sri Mulyani dan Luhut Pandjaitan Pantas Diganti, Jokowi Berani Tidak?

“Melihat fakta-fakta tersebut, hari ini saya duduk kembali bersama lintas kementerian terkait dan juga perwakilan asosiasi industri tanah air untuk kembali mendengarkan dan juga mengevaluasi program P3DN ini,” jelasnya.

P3DN (Program Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri), kata Luhut, dijalankan sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Diharapkan BUMN/BUMD dan Badan Usaha dan/atau pemangku kepentingan lainnya memakai produk dalam negeri. Dengan begitu, perekonomian nasional bisa bergerak semestinya.

“Kita harus membangun rasa nasionalisme yang kuat,  mengingat selama ini saya perhatikan seringkali ada yang selalu berkilah dengan berbagai alasan sehingga kemudian impelementasi P3DN menjadi persoalan yang tak kunjung terpecahkan,” ujar Luhut.

Bakal Tinggalkan Energi Fosil, Luhut: Pemerintah Targetkan 2 Juta Unit Motor Listrik pada 2025

Halaman: 
Penulis : Iskandar
 
×
×