logo


Tak Usah Ruwet soal Energi dari Sampah, Jokowi: Tiru Saja Surabaya

Jokowi mengapresiasi instalasi pengolahan sampah menjadi energi listrik berbasis teknologi ramah lingkungan.

7 Mei 2021 06:00 WIB

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi Instagram

SURABAYA, JITUNEWS.COM – Pemerintah daerah diminta meniru pengelolaan listrik dari sampah seperti di Surabaya. Hal itu disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Saya sangat mengapresiasi instalasi pengolahan sampah menjadi energi listrik berbasis teknologi ramah lingkungan. Nanti kota-kota lain akan saya perintah supaya tidak usah ruwet, lihat aja di Surabaya, tiru, copy," kata Jokowi saat meresmikan fasilitas Pengolahan Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL), di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo, Kota Surabaya, Jawa Timur, Kamis (6/5).

Untuk merealisasikan fasilitas pengolahan sampah jadi energi listrik, Jokowi mengaku telah berupaya mempersiapkan payung hukum bagi daerah sejak 2018.


Pastikan Jokowi Tak Mudik ke Solo, Gibran: Halalbihalalnya Secara Daring

Jokowi menyatakan keinginan itu sudah ada sejak tahun 2008. Kala itu, dia masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.

"Saya siapkan Perpresnya, saya siapkan PP-nya, untuk apa? Karena pengalaman yang saya alami sejak tahun 2008 saya masih jadi wali kota kemudian menjadi gubernur, kemudian jadi Presiden, tidak bisa merealisasikan," ujarnya.

Mantan Gubernur DKI itu telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 35 Tahun 2018 tentang Percepatan Pembangunan Instalasi Pengolah Sampah Menjadi Energi Listrik Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan.

Dengan payung hukum itu, pemerintah daerah diharapkan lebih berani mengeksekusi program pembangunan tersebut.

Desak Jokowi Cabut Label KKB Teroris, Tokoh Papua: Agar Tidak Korbankan Masyarakat yang Selama Ini Tenang

Halaman: 
Penulis : Iskandar
 
×
×