logo


Sebelum Meninggal, Raditya Oloan Terkena Badai Sitokin: Apa Itu?

Sitokin dapat memicu kematian karena jaringan dalam organ tubuh tidak berfungsi.

6 Mei 2021 22:32 WIB

Raditya Oloan dan Joanna Alexandra
Raditya Oloan dan Joanna Alexandra ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Aktris Joana Alexandra mengungkapkan bahwa sang suami Raditya Oloan sempat terkena badai sitokin sebelum tutup usia. Ia menceritakan bawa Raditya Oloan terkena bada sitokin usai dinyatakan sembuh dari Covid-19.

"Jadi sekarang suamiku posisinya masih di ICU, dibuat tidur karena memakai ventilator. Kondisinya post-covid dengan komorbid asma, dan dia sedang mengalami badai sitokin yang menyebabkan hiperinflamasi (peradangan) di sekujur tubuhnya...ditambah lagi ada infeksi bakteri yang lumayan kuat (tapi tidak sekuat Bapa kita tentunya!)," tulis Joanna Alexandra di akun Instagramnya pada Selasa, 4 Mei 2021.

Lantas apa itu badai sitokin?


Hasil Test Pack Lucinta Luna Positif, Dokter Ini Ingatkan Penyakit Kanker Testis

Dilansir drai Hello Sehat, sitokin adalah protein pembawa pesan antara sel pada sistem kekebalan tubuh. Ketika seseorang terkena virus Covid-19 maka sel darah putih akan merespon produksi sitokin. Sitokin bersama sel darah putih kemudian akan menuju ke jaringan yang terinfeksi untuk membasmi virus.

Pada kondisi tubuh yang terserang virus Covid-19, sitokin akan bergerak ke paru-paru untuk melindungi dari serangan virus. Sitokin akan behenti bekerja apabila respon kekebalan tubuh tiba di daerah infeksi. Sitokin pun hanya bekerja dalam waktu singkat.

Namun pada kondisi badai sitokin, sitokin terus bekerja sehingga merangsang pertumbuhan sel imun hingga menyerang paru-paru, padahal virusnya sudah mati. Akibatnya, paru-paru mengalami kerusakan. Sitokin dapat memicu kematian karena jaringan dalam organ tubuh tidak berfungsi.

"Pada dasarnya sebagian besar sel Anda akan mati karena badai sitokin. Itu menggerogoti paru-paru. Mereka tidak bisa pulih," kata Ahli Virologi dan Imunologi di Georgia State University, Mukesh Kumar, dilansir WebMD.

 

Sapri Kritis, Melaney: Bangun Teman Baikku, Kamu Pejuang Buat Keluarga

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati
 
×
×