logo


Arab Saudi Kemungkinan Bakal Kembali Batasi Jumlah Jemaah Haji Luar Negeri Tahun Ini

Pemerintah Arab Saudi tengah mempertimbangkan untuk membatasi jumlah jemaah yang mengikuti ibadah haji untuk tahun ini usai terjadinya peningkatan kasus infeksi akibat varian baru Covid-19.

5 Mei 2021 19:45 WIB

Kabah di Mekkah.
Kabah di Mekkah. cendekia.sch.id

RIYADH, JITUNEWS.COM - Pemerintah Arab Saudi dikabarkan tengah mengkaji aturan larangan bagi jemaah luar negeri untuk mengikuti rangkaian ibadah haji tahun ini usai terjadinya peningkatan kasus infeksi yang disebabkan oleh varian baru virus Covid-19 di berbagai belahan dunia.

Dilansir dari Reuters, dua narasumber yang tidak disebut namanya mengatakan bahwa pihak kerajaan belum membuat keputusan final terkait larangan tersebut.

Salah seorang narasumber mengatakan jika nantinya warga yang bermukim di Arab Saudi yang sudah mendapat suntikan vaksin Covid-19 atau yang sudah sembuh dari infeksi Covid-19 setidaknya enam bulan sebelumnya, yang diijinkan untuk mengikuti ibadah rukun Islam kelima tersebut.


Varian Covid-19 India Menyebar ke Nepal, Palang Merah: Kita Perlu Bertindak

Sementara itu, narasumber lain mengatakan bahwa pemerintah Arab Saudi nantinya juga akan mengijinkan rombongan haji dari luar negeri, dengan syarat sudah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19. Meski begitu, pemerintah Arab Saudi juga akan mempertimbangkan tipe vaksin, tingkat efektivitas dan situasi wabah yang terjadi di negara asal rombongan.

Sebelum masa pandemi, sedikitnya 2,5 juta umat muslim dari seluruh penjuru dunia biasa berkunjung ke kota Mekah dan Madinah selama masa ibadah haji dilangsungkan, dimana hal tersebut membuat pihak pemerintah Arab Saudi mendapatkan pemasukan hingga US$ 12 miliar per tahun.

Hacker Anonymous Berhasil Lumpuhkan Situs Pemerintah Kolombia dan Bocorkan Data Militer

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×