logo


Sesalkan Perpres BRIN, Azyumardi Azra: Malapetaka Riset Indonesia

Peleburan empat lembaga tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 33 Tahun 2021 yang telah diteken Presiden Joko Widodo (Jokowi).

5 Mei 2021 17:18 WIB

Azyumardi Azra.
Azyumardi Azra. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Pemerintah resmi meleburkan beberapa lembaga seperti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), serta Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) ke dalam Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Peleburan empat lembaga tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 33 Tahun 2021 yang telah diteken Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Guru Besar Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Azyumardi Azra menilai peleburan lembaga tersebut akan berujung pada malapetaka riset Indonesia.


Dukung PDIP Usung Ganjar Pranowo-Andika Perkasa di Pilpres 2024, Ferdinand: Pasangan Ideal Sipil-Militer

"Penyatuan LIPI, BPPT dan Batan ke dalam BRIN sesuai Kepres 33/2021 yang baru saja dikeluarkan Presiden Jokowi nampaknya bakal berujung pada malapetaka riset di Indonesia," ujarnya di Jakarta, Rabu (5/5/2021).

Dalam hal ini, Azyumardi Azra juga menyesalkan pembubaran lembaga-lembaga  penelitian historis seperti LIPI atau BPPT.

Menurutnya lembaga-lembaga tersebut telah memiliki kontribusi yang besar kepada Indonesia.

"Pembubaran lembaga-lembaga  penelitian historis seperti LIPI atau BPPT yg telah memberi kontribusi penting dalam riset dan inovasi sangat disesalkan," pungkasnya.

Kritik Penunjukan Ketua BRIN, Pengamat: Mega Sebaiknya Jadi Negarawan Saja

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar
 
×
×