logo


Varian Covid-19 India Menyebar ke Nepal, Palang Merah: Kita Perlu Bertindak

Menyebarnya varian baru Covid-19 India membuat sejumlah kota di wilayah perbatasan Nepal-India mengalami peningkatan kasus infeksi Covid-19 secara tajam

5 Mei 2021 17:00 WIB

Petugas medis sedang berusaha memindahkan pasien Covid-19 ke sebuah mobil ambulan di Nepal
Petugas medis sedang berusaha memindahkan pasien Covid-19 ke sebuah mobil ambulan di Nepal Reuters

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Federasi Palang Merah Internasional pada Rabu (5/5) mengatakan bahwa varian baru Covid-19 India sudah menyebar ke seluruh kawasan Asia Selatan, termasuk Nepal, sehingga membuat negara tersebut kini tengah menghadapi peningkatan kasus infeksi Covid-19 yang signifikan.

"Kita perlu bertindak saat ini juga secara cepat untuk dapat berharap agar bencana kemanusiaan ini dapat teratasi. Virus ini tidak mengenal batas wilayah dan varian-varian baru (Covid-19 India) sudah menyebar ke seluruh Asia," kata Alexander Matheou, Direktur Federasi palang Merah Internasional untuk wilayah Asia Pasifik.

Kasus infeksi Covid-19 di Nepal untuk bulan ini sudah mencapai 57 kali lebih tinggi dibanding bulan lalu. Sejumlah kota di perbatasan Nepal-India bahkan tidak lagi mampu menangani peningkatan jumlah pasien Covid-19 yang memerlukan perawatan medis.


Korea Selatan Bilang Tingkat Efektivitas Vaksin AstraZeneca dan Pfizer Diatas 86 Persen

"Apa yang saat ini terjadi di India, kini adalah sebuah preview masa depan Nepal yang sangat mengerikan jika kita tidak dapat menangani peningkatan Covid-19 ini yang semakin memakan lebih banyak korban jiwa setiap menitnya," kata Netra Prasad Timsina, Kepala Komunitas Palang Merah Nepal.

"Sangat menyedihkan melihat bahwa orang tidak dapat mengucapkan selamat tinggal kepada orang yang mereka cintai karena intensitas kremasi sudah menembus rekor karena varian COVID baru ini, yang menyerang orang-orang dari segala usia di Nepal," tambahnya

Sementara itu, sejumlah negara yang berdekatan dengan India, seperti Pakistan dan Bangladesh juga mengalami peningkatan kasus infeksi Covid-19 secara signifikan akibat masuknya varian baru virus asal India. Peningkatan jumlah kasus tersebut bahkan membuat fasilitas rumah sakit di negara-negara tersebut mulai kehabisan ruang perawatan.

Meski Dilarang China, Filipina Minta Nelayan Tetap Beroperasi Seperti Biasa di LCS

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×