logo


Korea Selatan Bilang Tingkat Efektivitas Vaksin AstraZeneca dan Pfizer Diatas 86 Persen

Suntikan pertama vaksin Pfizer dan AstraZeneca sudah memiliki tingkat efektivitas hingga lebih dari 86 persen terhadap infeksi Covid-19 bagi warga lansia berusia 60 tahun ke atas.

5 Mei 2021 16:15 WIB

Ilustrasi Vaksinasi Covid-19
Ilustrasi Vaksinasi Covid-19 AFP

SEOUL, JITUNEWS.COM - Satu dosis suntikan vaksin buatan AstraZeneca dan Pfizer sudah memiliki tingkat efektivitas hingga 86,6 persen terhadap infeksi Covid-19 bagi warga berusia 60 tahun ke atas.

Data yang dirilis oleh Lembaga Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Selatan (KDCA) menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 hasil pengembangan Pfizer-BioNTech 89,7% efektif mencegah infeksi setidaknya dalam waktu dua pekan usai suntikan dosis pertama diberikan, sementara tingkat efektivitas vaksin AStraZeneca berada di level 86 persen.

"Ini menunjukkan bahwa kedua vaksin tersebut menyediakan perlindungan yang cukup tinggi terhadap penyakit usai dosis pertama diberikan. (Masyarakat) harus mendapatkan vaksinasi penuh menurut jadwal yang disarankan, sehingga tingkat perlindungan dapat ditingkatkan usai pemberian dosis kedua," kata KDCA dikutip Reuters.


Akun Sosmednya Diblokir, Donald Trump Resmi Luncurkan Platform Komunikasi Digital Pribadinya

"Sekitar 95% pasien yang meninggal dunia akibat infeksi Covid-19 di negara kami adalah warga lansia berusia 60 tahun ke atas, dan vaksinasi akan menurunkan resiko (kematian) untuk kelompok masyarakat tersebut secara signifikan," kata seorang pejabat di Kementerian Kesehatan Korsel, Yoon Tae-ho, pada Rabu (5/5).

Yoon mengatakan bahwa kemungkinan adanya efek samping yang ditimbulkan dari kedua vaksin tersebut sangatlah rendah.

Untuk diketahui, sejauh ini Korea Selatan sudah mendistribusikan vaksin Covid-19 terhadap 6,7 persen dari 52 juta penduduk. Sementara target pemerintah Korea Selatan sendiri adalah mereka dapat mem-vaksinasi setidaknya 70 persen populasi pada bulan September mendatang.

Sembilan Prefektur di Jepang Minta Olympiade Tokyo Dibatalkan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×