logo


Siap-Siap! Berikut Jadwal Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Provinsi Jambi 2021

Berikut Jadwal dan tata cara pemutihan pajak Provinsi Jambi

5 Mei 2021 09:49 WIB

Ilustrasi Membayar pajak kendaraan bermotor
Ilustrasi Membayar pajak kendaraan bermotor Tirto.id

JAMBI, JITUNEWS.COM - Pemutihan pajak adalah kegiatan yang diberikan oleh Pemerintah agar masyarakatnya membayar tarif pajak kendaraan. Saat dilakukan pemutihan pajak, masyarakat akan dibebaskan dari tarif denda pajak yang mereka peroleh akibat keterlambatan membayar pajak.

Tujuan dari adanya kegiatan pemutihan pajak ini memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak antara masyarakat dan negara. Negara mendapatkan keuntungan karena masyarakat telah membayar pajak, sedangkan masyarakat mendapatkan untung karena tidak terkena tarif denda pajak.

Penyelenggaraan kegiatan pemutihan pajak tergantung dengan kebijakan pemerintah daerah setempat, sehingga setiap daerah memiliki waktu pelaksanaan yang berbeda–beda.


Kepala Kanwil DJP Jateng II: Selebgram Bukan Berarti Tak Kena Pajak

Jadwal Pemutihan Pajak Provinsi Jambi - Dalam rangka merayakan HUT Provinsi Jambi, pemerintah daerah setempat mengadakan program pemutihan pajak yang diberi nama Double Untung yang telah dimulai sejak 6 Januari 2021 hingga Juni 2021.

Program ini diselenggarakan berdasarkan Keputusan Gubernur Jambi No. 17/Kep. Gub/Bakeuda.2.2/2021 tanggal 4 Januari 2021.

Pada kegiatan pemutihan ini, bukan hanya pembebasan tarif denda pajak, tetapi pembebasan denda administrasi pendaftaran pajak kendaraan yang terlambat, pembebasan pokok serta sanksi administrasi BBNKB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor) II untuk permohonan balik nama luar dan dalam daerah, dan BBNKB kendaraan lelang 6 bulan dibebaskan.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti program pemutihan dapat mengunjungi Kantor Samsat Induk, Samsat Gerai, Samsat Keliling, atau melakukan pembayarannya melalui sistem elektronik.

Dokumen Persyaratan Program Pemutihan Pajak Jambi

1. Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
2. Fotokopi STNK
3. Fotokopi BPKB
4. PengecekanFisikKendaraan
5. Kwintansipembelian (Diperlukanbagi Anda yang melakukan proses baliknama)

Sedangkan persyaratan yang diperlukan untuk melakukan pembayaran pajak tahunan, hanya memerlukan KTP (Kartu Tanda Penduduk), dan STNK asli.

Pada tahun 2020, Pemerintah Provinsi Jambi juga memberikan program pemutihan seperti ini sebanyak 2 jilid. Jilid pertama dilaksanakan pada 6 Januari hingga 30 Juni 2020 dalam rangka memperingati HUT ke-63 Provinsi Jambi, dan jilik kedua dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus hingga 30 November 2020 dalam rangka membantu perekonomian masyarakat saat pandemic covid19.

Pemerintah Provinsi Jambi berharap dengan adanya penyelenggaraan program pemutihan pajak dapat meringankan beban masyarakat saat pandemic covid19.

Cara Menghitung Tarif Pajak Program Pemutihan
Contoh :

Surya memiliki motor Honda Vario dengan tarif Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Rp. 165.000. Kini Surya telah mengalami penunggakan pembayaran pajak selama 2 tahun, dan dia ingin mengikuti program pemutihan. Berapa total tarif pajak kendaraan yang harus dibayarkan Surya?

Total tarif pajak kendaraan yang harus dibayarkan Surya yaitu Rp. 165.000 x 2 = Rp. 330.000.
Jadi, Surya hanya perlu membayar tarif pokok pajak kendaraanya, tanpa harus membayar tarif denda pajak.

Bagi Anda yang ingin mengetahui tarif pajak kendaraan sesuai dengan tipe dan tahun produksinya, Anda bisa mengunjungi Pemerintahkota.com.

Selain informasi mengenai tarif pajak kendaraan, Anda juga bisa menghitung tarif denda pajak kendaraan menggunakan Kalkulator Denda Pajaksecara gratis, dan menghitung tarif pajak kendaraan secara online sesuai asal wilayah kendaraan.

Informasi kendaraan dan tarif pajak kendaraan yang dicek melalui Pemerintahkota.com sesuai berdasarkan data pemerintah, karena layanan pengecekan tarif pajak kendaraan Pemerintahkota.com terhubung dengan e-samsat seluruh daerah di Indonesia.

Berikut cara menghitung tarif denda pajak kendaraan melalui Pemerintahkota.com

1. Silahkan kunjungi Pemerintahkota.com
2. Pilih menu Cek Pajak > Kalkulator Denda Pajak
3. Gunakan Kalkulator Denda Pajak Mobil atau Motor (sesuai kebutuhan)
4. Masukkan tarif PKB, dan jumlah waktu keterlambatan membayar pajak
5. Kemudian akan ditampilkan jumlah tarif denda pajak kendaraan dan total keseluruhan

Kritik Aturan Pajak Baru, Tengku Zulkarnain: Rakyat Dapat Tambahan Beban Hidup

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia