logo


Bagaimana Hukum Muslim Masuk Gereja Seperti Gus Miftah? UAS: Haram!

UAS mengatakan bahwa umat muslim dan non muslim sudah sejak lama hidup berdampingan. Namun tidak bisa berdampingan dalam urusan ibadah.

5 Mei 2021 06:30 WIB

Ustaz Abdul Somad di Gedung MUI, Jakarta, Rabu (21/8).
Ustaz Abdul Somad di Gedung MUI, Jakarta, Rabu (21/8). Jitunews/Khairul Anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Penceramah Gus Miftah menjadi sorotan publik usai memberi nasihat di Gereja Bethel Indonesia Amanat Agung. Ia pun dihujat kafir oleh banyak pihak. Lantas bagaimana sebenarnya hukum masuk gereja bagi orang muslim?  

Ustaz Abdul Somad alias UAS pernah menyinggung hukumnya seorang muslim mendatangi tempat ibadah agama lain. Merujuk mahzab Syafi'i, UAS mengatakan haram seorang muslim masuk ke dalam rumah ibadah yang didalamnya terdapat berhala.

"Haram hukumnya masuk ke rumah ibadah orang lain. Haram! Karena Nabi tak mau masuk ke dalam tempat kalau di dalam (tempat) itu ada berhala. Maka dalam Islam, mazhab Syafi'i mengharamkan masuk ke dalam rumah ibadah di dalamnya ada berhala," kata ustaz Abdul Somad dilansir dari channel YouTube pribadinya saat dimintai tanggapan tentang film The Santri ketika ada adegan santri membawa tumpeng masuk ke Gereja.


UAS Ajak Patungan Beli Kapal Selam, PKS: Bagian dari Koreksi Publik kepada Pemerintah

UAS mengatakan bahwa umat muslim dan non muslim sudah sejak lama hidup berdampingan. Namun tidak bisa berdampingan dalam urusan ibadah.

"Tapi kalau sudah dalam urusan ibadah, ritual, tak ada tawar menawar. Sekarang banyak yang tak bisa membedakan, kebablasan mana toleransi mana telur asin. Itu harus bisa dibedakan. Jangan karena toleransi mengorbankan keyakinan dan akidah," tegas Ustaz Abdul Somad.

"Islam tak perlu diajari bagaimana berinteraksi sosial dengan saudara kita non muslim karena kita sudah lama bertetangga. Kita semua bisa menerima berkawan besar," bebernya.

 

Gus Miftah Dicap Murtad Gegara Hadiri Peresmian Gereja, Denny Siregar: Kalau Anies Gimana?

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati