logo


Jokowi Nomor 1 di Survei Capres, PKS: Jangan Sampai Menjadikan Jokowi Berminat 3 Periode

Nama Presiden Joko Widodo menempati urutan pertama di hasil suveri Litbang Kompas.

4 Mei 2021 15:14 WIB

Mardani Ali Sera
Mardani Ali Sera Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Nama Presiden Joko Widodo menempati urutan pertama di hasil suveri Litbang Kompas. Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera, mewanti-wanti jangan sampai Jokowi berminat menjadi presiden lagi.

"Tidak mengejutkan tiga besarnya. Catatannya, jangan sampai menjadikan Pak Jokowi berminat tiga periode," kata Mardani kepada wartawan, Selasa (4/5).

Di urutan kedua ada nama Prabowo Subianto dan nomor tiga ada Anies Baswedan. Mardani menyebut mereka punya peluang untuk maju di 2024.


THR PNS Disunat, Anis Sebut Pemerintah Tak Adil

"Pak Prabowo, Mas Anies, dan Pak Ganjar plus Ridwan Kamil punya peluang untuk saat ini. Tiga tahun ke depan, masih banyak peluang tokoh baru muncul. Termasuk ketua umum parpol," ujar Mardani.

"Apalagi dengan tidak ada revisi UU Pemilu, syarat 20% kursi akan menjadi pembeda dan penyaring mana yang bisa tampil dipanggung pilpres dengan nomor urut resmi," imbuhnya.

Sebelumnya, dalam survei Litbang Kompas yang dirilis Selasa (4/5) responden diberi pertanyaan 'jika pemilu presiden dilakukan saat ini, menurut Anda siapakah tokoh yang paling layak menjadi presiden?'.

Hasilnya:

Joko Widodo: 24%
Prabowo Subianto: 16%
Anies Baswedan: 10%
Ganjar Pranowo: 7%
Sandiaga Uno: 4%
Ridwan Kamil: 3%
Agus Harimurti Yudhoyono: 3%
Basuki Tjahaja Purnama: 3%
Tri Rismaharini: 2%
Gatot Nurmantyo: 2%
Mahfud Md: 1%
Lainnya: 2%
Belum ada/rahasia: 21%

Anies Jadi Fotografer Dadakan Jokowi, Pengamat: Kesan Bersebrangan Mulai Dikikis

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata