logo


Anies Jadi Fotografer Dadakan Jokowi, Pengamat: Kesan Bersebrangan Mulai Dikikis

Adi  menilai bahwa aksi Anies Baswedan dilakukan sebaga upaya membuka pintu menuju Pemilu 2024.

4 Mei 2021 12:04 WIB

Anies Baswedan
Anies Baswedan Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Direktur Parameter Politik, Adi Prayitno menilai bahwa aksi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menjadi fotografer dadakan saat meninjau vaksinasi Covid-19 bersama Presiden Joko Widodo di Grand Indonesia mempunyai makna yang spesial. Ia menyebut Anies tengah berupaya mencari simpati publik.

"Pertama, Anies pintar memanfaatkan momen politik untuk meraup simpati publik. Dari perspektif komunikasi politik, jadi fotografer dadakan bukan perkara biasa. Ada sesuatu yang spesial," kata Adi Prayitno kepada wartawan, Selasa (6/5/2021).

"Pesan pentingnya, sebagai orang yang selama ini dihadap-hadapkan dengan Jokowi, Anies ingin menunjukkan kepada publik bahwa dirinya berbesar hati, tak gengsi, apalagi malu jadi fotografer dadakan. Di situlah letak poin kemenangan Anies merebut respek publik," sambungnya.


Soal Podcast Jokowi dengan Nadiem, Pakar Gestur: Saya Kok Merasa Presiden Agak Kesal

Adi  menilai bahwa aksi Anies Baswedan dilakukan sebaga upaya membuka pintu menuju Pemilu 2024. Ia juga menilai bahwa Anies tengah memunculkan kesan dekat dengan Jokowi.

"Kedua, tentu ini bagian upaya Anies membabat semak belukar politik mengaspal jalan panjang menuju 2024. Secara psikologi politik Anies mulai menerabas sekat politik yang selama ini berjarak dengan dirinya. Kesan 'berseberangan' dengan Jokowi mulai dikikis, setelah sebelumnya Anies ekspansi Jateng dan Jatim. Dua wilayah di mana yang secara politik berjarak dengan Anies," pungkasnya.

Soal Podcast Jokowi dengan Nadiem, Pengamat Politik: Ada Beban yang Dititipkan

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati