logo


Pantas Dilabeli Teroris! OPM Bakar SD dan Puskesmas

Kepolisian menillai aksi pembakaran sekolah hingga Puskesmas menunjukkan bahwa OPM pantas digolongkan teroris.

4 Mei 2021 06:00 WIB

Kelompok militer OPM.
Kelompok militer OPM. Istimewa

PAPUA, JITUNEWS.COM - Kelompok teroris OPM diduga telah membakar SD hingga Puskesmas di Distrik Ilaga, Papua pada Minggu (2/5) malam.

Kepala Distrik Ilaga Utara, Joni Elalotagam, membuat laporan atas peristiwa tersebut ke Kantor Satreskrim Polresta Puncak, Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, pada Senin, (3/5) pukul 10.55 WIT.

"Sesuai laporan, benar ada warga yang melaporkan kejadian itu ke Polresta puncak. Pembakaran dilakukan kemarin malam Minggu (2/5/2021) sekitar pukul 21.30 WIT, dan diduga dilakukan oleh teroris OPM," ujar Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi IGN Suristiawa, dilansir dari detikcom.


KKB Papua Dilabeli Teroris, Politikus Demokrat: Saya Kecewa dengan Mahfud Md

Dijelaskan Suristiawa, OPM telah membakar bangunan SD, rumah dinas guru, hingga Puskesmas. Pihak kepolisian sudah memantau bekas bangunan yang terbakar.

"Berdasarkan hasil pemantauan dari foto udara (drone) terdapat adanya bekas bangunan SD, rumah dinas guru dan Puskesmas yang telah dibakar," jelasnya.

Menurutnya, aksi pembakaran sekolah hingga Puskesmas menunjukkan bahwa Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua pantas digolongkan teroris. Suristiawa memastikan kepolisian setempat akan meminta pertanggungjawaban pelaku sesegara mungkin.

"Perbuatan ini jelas menunjukkan bahwa pemerintah tidak salah mengelompokkan OPM menjadi organisasi teroris,” tegasnya.

“Aparat keamanan di sana akan mengejar dan menangkap pelaku untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, baik kepada masyarakat Papua maupun masyarakat Indonesia secara keseluruhan," sambungnya.

Label Teroris KKB Papua Bukan Representasi Orang Papua, Denny Siregar: Jangan Mau Dibodohi Veronica Koman!

Halaman: 
Penulis : Iskandar