logo


Hakim Singgung Soal Teroris, Habib Rizieq: FPI Tidak Pernah Punya Masalah dengan Pancasila

Hakim Ketua Suparman Nyompa mempertanyakan visi misi dan dasar Front Pembela Islam (FPI) kepada Habib Rizieq Shihab.

3 Mei 2021 22:15 WIB

Habib Rizieq Shihab
Habib Rizieq Shihab Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Hakim Ketua Suparman Nyompa mempertanyakan visi misi dan dasar Front Pembela Islam (FPI) kepada Habib Rizieq Shihab. Hal itu dipertanyakan dalam persidangan yang menyinggung soal perkara kasus teroris. Hakim mengatakan bahwa tujuan teroris adalah mengganti dasar negara.

"Kemudian mengenai visi misi ada diuraikan berdasarkan pancasila? Disini kita juga menghadiri perkara teroris, mengetahui cerita di persidangan memang dia ini tujuannya mengganti dasar negara terus terang bilang di persidangan seperti itu. Kalau di FPI apakah ada seperti itu? Dasar negara ini sebenarnya tidak cocok ada ga di situ disampaikan?," ujar Hakim dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin (3/5).

Habib Rizieq mengatakan bahwa organisasinya tidak memiliki masalah dengan Pancasila.


Tak Mau Langgar Prokes Lagi, Habib Rizieq Batalkan Acara Keliling Indonesia

"Jadi kami di FPI tidak pernah punya masalah dengan pancasila, bahkan kami tidak setuju kalau pancasila diganti, kenapa kami tak setuju karena pancasila peninggalan ulama," kata Rizieq.

Rizieq mengatakan bahwa Pancasila adalah dasar negara sehingga FPI tidak ada keinginan untuk menggantinya.

"Jadi sekali lagi bagi kami FPI pancasila itu adalah dasar bukan lagi pilar, tapi dasar. Jadi kami tidak pernah punya masalah dengan pancasila, maka dengan kelompok-kelompok yang tadi pak Majelis Hakim sebutkan ada kelompok yang terduga teroris menolak pancasila dan sebagainya kami tidak sependapat dengan mereka," kata Rizieq.

Rizieq mengatakan bahwa FPI bertujuan mendorong syariat Islam diformalisasikan di lembaga hukum.

"Jadi gerakan kami di FPI ini mendorong bagaimana syariat Islam itu bisa diformalisasikan di lembaga sebagai hukum positif lewat prosedur konstitusional," kata Rizieq.

Kerumunan di Bandara Tak Diproses, Habib Rizieq: Lebih Dahsyat Daripada yang di Petamburan

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata