logo


Soal Podcast Jokowi dengan Nadiem, Pakar Gestur: Saya Kok Merasa Presiden Agak Kesal

Presiden Joko Widodo dan Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim membuat podcast di Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)

3 Mei 2021 20:30 WIB

Joko Widodo dan Nadiem Makarim
Joko Widodo dan Nadiem Makarim Ist

"Lagi-lagi, Nadiem menunjukkan gestur tangan terlipat sejajar dengan wajah-kepala menunduk melihat skrip. Gestur tangan begini seringkali diartikan gestur 'ketidaknyamanan' di mana sebetulnya dalam hati pemilik gestur berbeda dengan apa yang diucapkannya," sambung Handoko.

Handoko mengatakan ada ekspresi puas yang diperlihatkan Jokowi ketika Nadiem menjelaskan survei karakter.

"Di antara sejumlah program yang diadakan, ada satu yang sangat dibanggakan (menit 14.10) yaitu survei karakter dan Jokowi juga terlihat mangut-mangut dan nyebutkan kata 'bagus' lebih dari tiga kali sekalipun Nadiem belum selesai berbicara," ujarnya.


Nadiem Makarim Dipertahankan di Kabinet, Jokowi Dianggap Tak Dengar Suara Rakyat

Menurutnya, dalam podcast tersebut Jokowi tampak masih belum puas dengan Nadiem. Handoko menyebut podcast tersebut merupakan salah satu cara mempromosikan kinerja Nadiem.

"Kelihatan sekali Pak Presiden sangat kaku formal, Pak Presiden sendiri terlihat masih belum puas dengan Nadiem . Ada beberapa pertanyaan yang tiba-tiba muncul dari Presiden dan dijawab Nadiem dengan ekspresi gugup yang menandakan banyak program yang belum dijalankan atau dijalankan tapi tidak memuaskan," ujarnya.

"Jadi, bagi saya, yang awalnya ini adalah Program 'pamer apa yang sudah dikerjakan Nadiem' yang mungkin untuk menjawab pertanyaan kecewa mengapa Nadiem tidak di-reshuffle, tetapi kalau dianalisis secara verbal dan nonverbal, justru nampak Presiden tidak puas dan Nadiem sendiri gugup dikejar pertanyaan Presiden, sekalipun dia berusaha menjelaskan dengan senyum," lanjut Handoko.

Aksi Gibran Copot Lurah Pungli Tepis Isu Embel-embel Anak Presiden

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata
 
×
×