logo


Soal Podcast Jokowi dengan Nadiem, Pakar Gestur: Saya Kok Merasa Presiden Agak Kesal

Presiden Joko Widodo dan Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim membuat podcast di Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)

3 Mei 2021 20:30 WIB

Joko Widodo dan Nadiem Makarim
Joko Widodo dan Nadiem Makarim Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo dan Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim membuat podcast di Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021. Pakar ekspresi, Handoko Gani, merasa Jokowi terlihat kesal dengan Nadiem.

"Saya kok merasa bahwa Presiden agak kesal karena podcast ini digunakan seperti untuk pamer kehebatan, seakan 'menempatkan' presiden sebagai atasan yang sangat puas dengan prestasi Nadiem," kata Handoko, kepada wartawan, Senin (3/5).

Handoko menilai ada ekspresi gugup Nadiem ketika menjawab pertanyaan dari Jokowi.


Nadiem Makarim Dipertahankan di Kabinet, Jokowi Dianggap Tak Dengar Suara Rakyat

"Yang unik, ketika Pak Presiden menjawab pertanyaan tentang harapan Presiden terkait pendidikan. Pak Jokowi mengingatkan bahwa 'Ini kan yang saya tugaskan kepada Mas Menteri'. Nada Pak Jokowi saat menyampaikan hal ini berbeda dengan nada lainnya (intonasi)," ujarnya.

"Nadiem menjawab dan di jawabannya di menit 13.24 matanya naik ke atas, alisnya naik, dan bahu juga naik, ini menunjukkan bahwa Nadiem sendiri pun masih meraba bagaimana cara-cara pendidikan baru nanti tersebut. Ini gestur 'ketidaktahuan' yang dikenal secara universal di negara manapun," lanjut Handoko.

Handoko menyebut Nadiem juga tampak gugup ketika Jokowi bertanya soal terobosan yang sudah dibuat oleh Nadiem selama ini.

"Presiden sempat bertanya dengan bibir kanan sedikit naik ke atas, 'Jadi sudah ada terobosan-terobosan?'," ujarnya.

Aksi Gibran Copot Lurah Pungli Tepis Isu Embel-embel Anak Presiden

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata
 
×
×